Tips Mencetak ID Card

14 Juli 2009 pukul 21:09 | Ditulis dalam Tak Berkategori | 300 Komentar

idcardID Card (Kartu Identitas) yang saya maksud bukanlah seperti kartu ATM atau yang biasa pake sistem magnetik itu.  ID Card disini misalnya dipake untuk: Identitas Siswa/Mahasiswa, Kartu Parkir, Kartu Diskon dan sebagainya, dimana kesemuanya dilakukan/ dicetak memakai printer yang biasa dipakai untuk print foto / printer Ink Jet System.

Mencetak ID Card tidaklah terlalu sulit. Peralatan yang diperlukan diantaranya: (1) Komputer -tentu donk-. (2).Printer, (3).Mesin Press Heater, (4).Mesin potong ID Card. (5).Bahan ID Card (PVC)

Teknis membuatnya:

1. Buat desain (biasanya di CorelDraw), dengan ukuran jadi 8.5cm x 5.5cm, berarti ukuran desain harus dilebihkan sedikit (kira2 tiap sisinya 3mm -untuk area potong-). Bila ID Card dibuat lebih dari satu, maka duplikasikan dulu desain yang sudah dibuat tsb. (Corel: Pilih menu Arrange, Transformation, Skew – setelah muncul menu di sebelah kanan layar, pilih icon Position (kiri), lalu pilih ke arah mana akan diduplikasi, pilih Apply to Duplicate). Satu lembar PVC maksimal akan terbuat 10 pcs ID Card.

2. Print. Setelah selesai dibuat, lakukan print (seperti melakukan print biasanya). Pada saat di Print Preview, pilih opsi Mirror -simbolnya h huruf ‘E’-)

setelah dimirror:

3. Setelah dua bagian tercetak (bagian depan dan belakang), bagian tengah PVC lepaskan lapisan plastiknya.

4. Satukan ketiga bagian PVC tsb (bag:transfaran depan dan belakang, dan bag tengah -putih-) dengan hati2 dan tepat posisinya.

5. Rapatkan, dan siap dimasukkan ke mesin press heater dengan temperatur 120 – 150 derajat Celcius

6. Siap dipotong

7. Udah

About these ads

300 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. mau nanya kalo harga mesin press heater berapa ya ?

    • @Adzat
      Sekarang mah murah, beli aja yg ukuran paling kecil. Mungkin kisaran 150rb hingga 350rb an, ah moal lewat 500rb kayaknya.. he3x makasih ya kunjungannya :)

  2. hmmmmm… Q suka banget ma ilmu advertising… cm Q bljarnya otodidak… cuma yg dasar2 ja… pgn bgt buka usaha kaya gini… pi???? gmn ngawalinnya… edit ja bisanya yang mudah2…

    • @lia
      Sayah juga otodidak atuh Téh, dan saya juga belum merasa berhasil, biasa saja. Beranikan diri saja untuk mengawalinya, karena urutan2 seperti itu harus dilalui, kapan lagi. Resiko itu selalu satu diantara dua, untung atau rugi. Yang jelas, dengan perhitungan yang matang, barulah bertindak/membuat keputusan. Barangkali perlu bantuan secara teoritis dan misalnya saya pas tau, boleh2 saja..
      Makasih ya, salam buat keluarga :)

      • wah wah…ini saya juga maw merilis usah ginian….alnya suka banyak yang butuh. apalagi di event event tertentu yang di laksanakan secara rutin jadi kita bisa punya langganan tetap gitu…

    • Aku modal nekad aja dan Alhamdulillah sekarg usahaku bisa berjalan dengan lancar. Cukup modal komputer, printer, laminator, dan skill alakadarnya aku sdh bisa mengantongi 2-3 juta / perbulan. Itupun tempat usahaku letaknya kurang strategis, coba kalo letaknya minimal dikota kecamatan pasti deh seru bgt.

  3. punten kang
    printerku R230 infus,buat nyetak id card kok warnanya mladus [baca : pudar] dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ya?
    pake tinta apa ya supaya tahan lama?
    tinta merk viagra kalee yaa….:)
    ditunggu banget jawabannya dan GPL.
    nuhun kang

    • punten baru dijawab :). Selama ini seh saya pake Dura Brite (punten kalo terkesan mempromosikan produk, he3x), karena sebelumnya saya memakai merk lain. Dura memang agak mahal, tapi warnanya jujur, tahan lama :). Hanya saya sarankan rada rajin ngeprint, karena kalo tinta bagus biasanya cepet kering ;). Tapi kemarin saya tinggal pulang kampung selama setahun (tgl.31 Des 2009 s/d 02 Jan 2010, he3x) tetep segar bugar ajah, cukup di-clean, waras lagi ;)

  4. mbladus

  5. cara pertama buka Coreldrow tu dmn….????pa di photo shop / dmn lah……..thank………

    • oooo he3x..
      Software itu bukan bawaan SO (sistem operasi seperti Windows, Linux dll), untuk itu harus diinstall dulu. Ya mau tidak mau harus ada dulu CD Corel nya.. :)

  6. saya bekerja pada toko yang menyediakan membercard. Namun id card yang saya buat baru sekitar 3 bulan sudah pudar cetakan nama pemegang id card. kata teman itu terjadi karena menggunakan printer tinta. Yang ingin saya tanyakan
    1. apakah ada tingkatan teknologi dari id card?
    2. lalu teknologi apa yang paling bagus menghasilkan id card yang warna dan tulisannya tahan lama(min. 3 tahun)?
    3. Saya pernah mendengar pvc danefolis mana yang paling baik?

    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih. mhn dibalas ke email saya

    • mohon maaf sebelumnya bila kurang/ tidak pas, nanti bisa dicarikan lagi jawaban yang lebih tepat..
      1. yang saya tau, ada yang menggunakan teknik cetak (bukan pake printer yang biasa kita gunakan), biasanya untuk produksi massal, juga digunakan untuk menangani semacam SmartCard (ditanam IC), sistem magnet, dll.
      2. sementara yang kita kenal yaitu yang menggunakan mesin printer (maksimal ukuran folio). Nah di sinilah letak ‘blobor itu, biasanya menggunakan tinta inkjet, bukan laser. Boleh seh pake tinta ink jet juga, tapi pake lah yang jenis pigmen, Insya qjjl sampe 10 tahun mah kuat (tukang tinta ngerti). Paling tidak pakelah Dura Brite (mungkin 1-4 tahun mah kuat ).
      3. Untuk jawaban ini, mungkin bisa ditanya langsung ke tukang bahan PVC, sepertinya lebih memahami. Punten ya Kang ;)
      (saya nyari alamat e-mailnya tapi tidak ada)

      • sy sudah nyoba pake printer laser, ternyata gagal mungkin karna panas sehingga kertas transparan pvc g bisa keluar.
        pake print injek sdh oke walau warna g maksimal.
        yg saya tanyakan,
        setelah dilaminasi 130″ kmudian plastik depan belakang dilepas dari card. ternyata plastik tipis (obyek print) g nempel kuat ke kertas putih yg tengah.
        kira2 masalahnya apa mas?? apa dari kertasnya atau krn yg lain.
        mohon petunjuknya.
        mawardi.syifa@ymail.com

  7. maaf rada penting nih….jelasnya pvc id card itu apa bisa di print dengan printer laser? tolong ya jawabanya dikirim lewat email…tanks

    • ..saya belum coba. Sepertinya bisa, karena PVC itu ada tiga bagian, dimana yang dua bagian daya serap tintanya hampir sama dengan Matte Paper..

      • menurut pengalamn saya bisa mas diprint pake print laser, saya dulu cuba pake gastetner laser, cuma hasil cetknya masih bagus pake inkjet, tapi biar tahan lama dan gak luntur pake tinta PIGMENT mas, dijamin tahan puluhan tahun….

  8. kang, numpang tanya..saya ngoplong id card kok hasilnya gak pernah bagus ya..maksudnya gak alus, ada gradak-gradak di pinggiran…kenapa ya kang..mohon solusinya atuh..jawabannya bisa tolong ke email saya…

    • ..biasanya disebabkan oleh mesin plongnya itu sendiri, mungkin karena sudah tumpul. Coba tanyakan kepada penjualnya, apakah mesin plong itu bisa dibuat tajam lagi, dan bagaimana caranya. Kalo memungkinkan seh pakai mesin plong impor, memang mahal, tapi kekuatannya cukup bagus, hasil potongannya lebih mulus.
      Atau sebelum bicara ke mesin plong, coba memotongnya pada saat PVCnya sudah dingin. “Gradak-gradak” itu mungkin juga karena PVCnya masih panas, sehingga mudah ‘leleh’..

  9. untuk tinta durabrite bisa didapet dimana? alamat toko online apa?

    • di Bandung mah banyak.. bisa didapet di Electronic Center atau plaza2.. ;)

  10. punten kang…mau tanya….klo proses potong id bisa dengan hasil cetak print kertas terus dilaminating atau harus bahan pvc…..terus proses potong nya seperti apa…apakah selembaran A4/folio di tempelkan di mesin plong terus di geser potong lg begituseterusnya atau ada cara lain…mohon pencerahan….

    tararengkyu kang

    • ..kalo yang biasa saya lakukan, begini Abu:
      – bahan PVC itu dipotong memanjang (potrait), jadi dua bagian yang masing2 terdiri dari lima buah kartu, ke bawah. Karena kita harus menyesuaikan kemampuan potong mesin plong itu, tidak bisa dua buah kartu sekaligus, kecuali kalau kita membuat custom dengan pisau pond (ke percetakan). Jadi memotong ID Card yang saya tau satu persatu, mungkin ada mesin yang lebih canggih dari itu, saya belum tau ;)
      – begitupun dengan kartu dari kertas biasa (yang ukurannya sama persis dengan ID Card). Hanya saja kalo bahannya dari kertas biasa, biasanya hasil potongannya kurang bagus, harus beberapa lembar memotongnya.. :) Nuhun.

  11. printer apa yg baik digunakan buat nyetak id card ya,,
    trima kasih

    • ..semua jenis inkjet bagus, asal tinta-nya aja Mas yang bagus juga biar kualitasnya juga terjaga ;) . Yang penting pada saat opsi pencetakannya pilih yang kualitas terbaik, jangan teks atau teks & image.. :)

      • kalo saya pake print Epson T13 tinta pigment modifikasi, hasilnya anti pudar, anti air, cuma utk kecerahan gambar agak kurang dibanding tinta dye biasa..

  12. numpang tanya ya mas kalo nyetak id card pake printer R230 itu untuk opsi ketika nyetaknya menggunakan apa mas?

    • ..saya belum tau opsinya apa aja ;), kalau sama dengan C90 mungkin kualitas Photo dan Best. Kualitas Photo saja udah bagus kok. Karena pemilihan opsi terbaik belum tentu hasilnya baik, harus disesuaikan dengan jenis kertas. Misalnya kita cetak foto dengan kualitas Best, pilih jenis kertasnya Glossy Paper, sementara kertas yang dipakenya HVS, tentu ini tidak sesuai karena daya serapnya lain. Kalau pake kertas HVS tentu saja sebaiknya pilihnya Plain Paper, walaupun pilih opsi cetaknya Best, tetep hasilnya bagus. Untuk ID Card, pilih saja jenis kertasnya yang Matte dan opsi cetaknya paling tidak kualitas Photo, Best lebih bagus, dan waktu cetaknya lebih lama ;)

  13. Punten kang, kalau bisa tutorialnya pakai gambar (urutannya), hantur nuhun infonya. Selain memotong dengan alat khusus ada cara lain yang lebih sederhana ngak kang ? pakai cater atau apa gitu .. ditunggu.

    • ..he3x iya neh belum sempet bikin gambar2nya, sibuk dengan orderan, he3x..
      Kalo motong ID Card mah harus dengan mesin plong, lebih cepat dan rapih. Kalo dengan pisau Cutter, pasti lama dan kurang rapih.
      Nah, kalo misalnya ukuran ID Cardnya tidak standar, misalnya lebih besar atau lebih kecil bahkan bentuknya misalnya lain dari yang lain, paling dengan pisau pond. Saya belum nyoba, sepertinya bisa. Tentunya untuk kuantiti banyak, soalnya kan bikin pisau pond nya aja lumayan. Untuk informasi lebih teknis tentang pisau pond, bisa ditanya langsung ke tukang pond, atau percetakan2 terdekat ;).
      Itu mungkin yang saya ketahui mah.. :)

  14. maaf kang………
    ikut nimbrung.
    Q nyoba usaha bikin ID card orderan sudah banyak….
    tapi pas nyoba print malah warnanya pudar fhotonya ga’ kelihatan kaya’ diblur gitu.
    o ya q make printer injek epson t11 tinta dura bright. tolong kang solusinya gimana?
    pusing dah ga; tau solusinya gimana!

    • ..hebat eung udah maju, turut seneng ya.. ;)
      penyebabnya :
      1. kemungkinan permukaan PVC yang kena tintanya bukan bagian yang doff
      2. pilihan/opsi pencetakannya kemungkinan kualitas teks, bukan foto atau di atasnya
      3. setting Vertical Line di printer berubah. Coba test dulu ke kertas lain, karena media (kertas) beda-beda daya serapnya
      4. kemungkinan pengaturan pixel desainnya yang kurang besar.
      5. Udah, mungkin masih ada penyebab lainnya, coba tanya2 lagi ya ke temen2, mudah2an dapat segera teratasi ;)

  15. supaya hasilnya gak pudar gimana kang?

  16. Saya tenaga perpustakaan sekolah, rencana ingin bikin ID card buat siswa. Skrg dah punya printer EPSON Stylus R230x (udah bawa tinta, gak tau merek apa).Saya mhn dibantu, krn gak gitu ngerti IT cuman tiap hari biasa pake komputer buat tak tik n ngenet gitu, soal software mah kagak ngarti.

    • ..kalo secara teoritis rada susah dipahami sepertinya pak..
      ..langkah2nya sebenarnya sudah saya kemukakan di artikel ini. Siapkan saja dahulu perlengkapan yang diperlukan:
      1. Kertas PVC
      2. Mesin Plong ID Card
      3. Mesin Press (laminating)
      ..Bila bapak memerlukan saya untuk datang ke sekolahan, saya siap membantu pak ;)
      Nuhun..

  17. wahh..mantap niy tips2nya…mau tanya dunk.. klo yang begithu kan harus dipotong2 lagi, sekarang kan udah ada tuh yang mesinnya langsung mencetak id kaya di tem[at pembuatan sim githu deh..
    kira2 tau gak ya merek yang bagus dan harganya ga terlalu mahal??
    thank you

    • …nah itu juga saya dah lama pengen banged punya, qeqeqeq.. informasinya belum tau neh, idem ;)

      Nuhun yah.. :)

      • klu dh tu nma latnya kasitu yah, sya juga pengen tau plus hargnya

      • ..ok ;) ..

      • Mesin ID Card yang langsung Print seperti ATM, SIM, NPWP, tidak dianjurkan untuk usaha kecil menengah, tapi harus yang kelasnya sudah perusahaan dan namanya juga bukan lagi “ID CARD INSTAN”. :-)

        Dengan menggunakan printer khusus diantaranya bisa di search ke paman Google merknya Zebra, Fargo, Epolis, dsb dengan kisaran harga minimal 17jt sampai dengan 50jt. dengan kualitas TERJAMIN sesuai dengan harganya.

        Ada usaha ID CARD INSTAN “mirip” kartu ATM yaitu dengan tambahan alat Emboss (huruf nama/ angka timbul), dan hot print untuk mewarnai huruf yang timbul, ada alatnya lagi…

        Sekarang balik lagi sesuai dengan kebutuhan? ID Card yang seperti apa yang ingin Anda buat? ;-)

        Maaf sekedar sharing, tiada maksud untuk menggurui… :-)

  18. w da cb,
    tp kok hasilnya ga maksimal??

    truz plastik yg d cetak tu ga bs kena air y??

    hasilnya tu ga kyk id card, kurang keras n trllu lembek… padahal w da press 140an derajat…

    mohon ptunjuknya..
    thx y.. :)

    • ..temperaturnya maksimal 120ºC saja. Ok saya ulangi lagi: PVC itu ada tiga bagian. Bagian depan dan belakang, ada bagian yang nge-doff, nah itu yang harus kena tinta. Bagian yang licin tidak akan bagus kalo kena tinta, pasti blobor, karena bagian itu bisa dikelupas lagi, atau juga bisa disebut lapisan anti goresnya. Nah untuk bagian tengah, yang tebal itu, inget? he3x. Bagian itu harus dikelupas juga, biar kedua bagian tadi nempel pada saat dipress. Karena bagian tengah mengandung lemnya, dan plastik pelindungnya harus dikelupas, agak susah memang. Jadi, kalo tidak dikelupas mah sampe ‘Ki Amat’ juga tidak akan nempel..
      Ok,
      tu bi kontinyu ;)

      • kang, neda pituahna, abdi bingung nu kedah diprintna nu palih mana tras kedah pake opsi mirror atanapi biasa. nuhun pisan sateuacana….

      • .. upami ID Card mah harus di-mirror (kalo pake bahan PVC). Aya tilu bagian: depan, dalam, belakang. Tah yang harus diprint mah tentu sajah bagian depan dan belakang, da tengah mah untuk merekatkan ajah..

  19. mantap tipsnya….

    maw minta tolongnya, tempat jual pvc id card yang murah berkualitas dimana ya ? email ya… tenkeu very muach…..:D

  20. selain merk tintaapakah bahan id card pengaruh buat ketahanannya? merk apa yang kira-kira bisa tahan lama? ditunggu jawababnya…thanx..

  21. Thank…U, untuk semua tipsnya, terus terang saya sangat merasa senang…karena bisa berbagi pengalaman di sini…

    • ok makasih ya atas atensinya juga.. ;)
      untuk bahan PVC yang saya tau cuma itu, yang lainnya mungkin masih ada dan mungkin banyak cara yang berbeda pengerjaannya. PVC yang warna silver dan emas, harganya lebih mahal. Untuk yang biasa, saya sendiri jual Rp.300rb per 50 pasang, he3x jadi promo neh.. ;)

  22. mas… kok waktu nyetak id card . mesin r230 nya tetap paper jam yah.sebenarnya bukan karena masalah ngak bisa narik kertas itu. cuma kayaknya kok printernya sengaja gitu terus paper jam yah. kalo pakai kertas biasa mah langsung narik.
    Mohon pencerahan …

    • wadoh saya belum pernah nyobain pake R230 neh.. ;) Kalo rada didorong gmana? Ikutin gerakan narik kertas biar bareng geraknya. Kalo maih bisa narik tapi tidak nyetak, biasanya karena si kertasnya lewatnya telat, tidak pas pada saat pertama printernya narik kertas.
      ..kalo ada temen yang biasa pake printer type itu, coba deh tanya barangkali pernah punya kasus serupa. Punten yah jawabannya tidak memuaskan, he3x..

      • Sebenernya masalah bukan hanya pada Printer R230, tapi masalahnya pada bahan yang kita gunakan.

        Paper jam yang terjadi bisa disebabkan oleh 2 hal, pertama karena kondisi printer yang sudah lama di pake sehingga sudah ada keausan pada karet roll printer, dan yang kedua adalah bahan yang digunakan.

        Untuk yang bermasalah dengan bahan diantaranya: bahan id card, double matte.

        Kenapa bermasalah? karena permukaan bahan tersebut licin atau mengandung serbuk seperti bedak sehingga karet penarik tak mampu menariknya, solusi sederhana yang dilakukan yaitu dengan menggunakan kertas tambahan di belakangnya, pegang kedua kertas dan ikuti sesuai arah print.

        Maaf sekedar berbagi pengalaman…

      • alhamdulillah, akhirnya dapet jawaban yang lebih tepat.. makasih ya Kang Iskandar masukannya, sangat membantu ;)

      • nuwun sewu.kertas PVC yang gak bisa diprint alias paper jam saat di print, begini caranya,bagian ujung kertas PVC kasih kertas hvc lebar 0,5 cm panjangnya menyesuaikan kertas PVC kemudian kertas hvs dilem diujung kertas PVC atau lebih mudah pakai stiker bontak tinggal tempel beres.kenapa paper jam saat di print? karena kertas PVC transparan jadi sensor printer tidak bisa membaca kertas,supaya bisa sensor bisa baca kertas harus di akali pakai kertas yang warnanya padat….semoga membantu

  23. mohon dong informasinya usha cetak id card, sya berniat untuk membuka di daerah cikarng ini terim kasih

    (jawabannya sudah dikirim via email ;) )

  24. gan, beli Bahan ID Card (PVC) dimana ya, saya dah kehabisan nih…

    • yang sayah tau mah kalo di Bandung biasana di Plaza Bandung, BEC, Cibadak dll. Di sayah ge bisa, tapi per 50pasang na 350rb-an, he3x. Pan dibatikeun deui ;)

  25. klo beli untuk peralatan mesin ID Card lengkap u/ di bandung dimana ya…..aku butuh nih…klo bisa jawaban secepatnya ya ke email aja….makasih.

  26. Terimakasih atas Blognya.. isinya bagus. Semoga ilmu yang anda berikan bermanfaat.

    • amin, nuhun kang ;)

  27. punten kang.., saya berniat mendalami bisnis percetakan digital (betul??). niat saya ini bermula pada saat saya ingin membuat id card di sebuah percetakan. ketika saya lihat, disitu ada sebuah mesin khusus mencetak id card dan beberapa printer wide. ketika iseng saya mengeceknya internet harganya sekitar 20-30 jutaan. apakah itu bisa dipakai untuk memulai usaha percetakan ??? nuhun.. kang…!!!

    • ..Jenis ID Card apa dulu? untuk ID Card sejenis ATM, SIM, dan Smart Card kemungkinan iya pak.
      ..Kalau bapak pilih jenis ID Card-nya yang biasa, yang tidak difungsikan (baik dengan sistem magnetik, chip dsb) modalnya tidak sampe lima juta (asumsi komputer sudah ada). Jenis ID Card biasa pun untuk sistem Barcode masih bisa kebaca dengan baik, yang penting kualitas cetak dan tintanya bagus.
      ..Kalau saya perhatikan hampir semua jenis ID Card bahannya sama, yang membedakan (mungkin) proses pembuatannya, bahannya sama2 PVC. Tapi untuk lebih jelasnya bapak bisa cari informasi sebanyak-banyaknya tentang ID Card, ok ;)
      Hatur nuhun sudah berkunjung :)

  28. mas, mau nanyak nie, saya cetak Id card Pakek tinta Pigmen malah hasilnya buyer, ngk karuan mas. kalu pakek tinta biasa hasilnya bagus, saya pakek printer Epson R350, gimana ya trik2 cara pemakaian tinta Pigmen yang bagus dan baik, tlong di bantu mas…terimakasih…

    • ..sepertinya sudah dibahas deh..
      saya juga pake jenis pigment, blm ada masalah. Dari segi ‘cerah’ tidaknya, pigment memang kurang cerah, tapi tahan lama, tidak luntur. Sedangkan yang biasa hasilnya lebih cerah, tapi tidak tahan lama dan luntur.
      1. Coba tes lagi dengan berbeda opsi cetak dan jenis kertas. Saya biasa cetak kualitas foto dan jenis kertasnya cukup jenis Plain Paper, karena tidak terlalu banyak tinta sehingga mengurangi blobor tadi
      2. Untuk PVC jenis baru agak sulit dibedakan mana bagian luar dan dalamnya, barangkali ketuker, coba tes cetak kedua permukaan tsb.
      3. Sementara ini dulu deh, mohon maaf ya ;) he3x

  29. punten kang upami bahan PVC nu sapertos bahan kartu ATM warna putih beli dimana nya?eta di jual nya per berapa?punten kang abdi newbie di bidang ieu. nuun sateuacan na.

    • ..di Bandung mah seueur Kang, cobi di Plaza kosambi tea ning ;) Oge di IBBC, di BEC. Upami ka abdi mah pangaosna Rp.350rb-an. Awis pan? Soalna diical deui. Di nu sanes ge pami sa-set-an mah katitih awis, aya nu ngical 8rb, 9rb, samalih mah aya nu 11rb ge. Pami di abdi tiasa 7rb-an lah, qeqeqeq..

      (the meaning: Kalo di Bandung seh buanyak, coba aja di Plasa Kosambi itu lho ;). Juga di IBBC, di BEC. Kalo beli di saya harganya Rp.350rb-an. Mahal khan? Soalnya dijual lagi. Di yang lain juga kalo beli satu set-an harga satuannya mahal-mahal, ada yang menjual 8rb, 9rb bahkan ada juga yang menjual 11rb. Kalo di saya bisa 7rb-an deh, qeqeqeq…)

  30. Numpang tanya kang…. kalo saya lihat hasil id card kok kertasnya (luar) ada yang mengkilap ada juga yang seperti DOB. Emangnya kertas PVC ada berapa macam Kang???.. atau karena kualitas tinta ya Kang??…
    Terus kang.. Kalo boleh tahu merek PVC yang bagus apa ya kang…
    Makasih yaa kang..

    • ..semua jenis PVC yang saya ketahui memang begono, apalagi yang jenis baru, sulit untuk dibedakan. Agar bisa dibedakan dengan jelas, melihatnya harus dihadapkan pada sumber terang, sehingga yang lebih mengkilap akan lebih memantulkan cahaya. Nah bagian yang mengkilap ini yang harus dikelupas nantinya. Yang doff tadi, berarti bagian yang harus kena tinta..
      ..Merk? wadooh saya kurang tau ragamnya, bisa sambil beli sambil nanya merk kayaknya, he3x punten ya Kang jawabannya kurang mengena ;)

      • Makasih Kang atas jawabannya.. tapi begini Kang, yang saya maksud… setelah ID Card jadi.. mengapa hasil yang saya buat PVCnya tidak mengkilap.. sedangkan buatan orang lain PVCnya mengkilap…
        saya sudah coba goyang-goyangkan di bawah cahaya, tetap aja hasil yang saya buat gak ada pantulan/bayangan sinarnya.. alias seperti kertas dof..
        Sekali lagi makasih banyak Kang…

      • Maaf numpang Nimbrung ti Pandeglang Banten… Kalo menurut saya mungkin Akang belum ngelupasin bagian luar plastik pelindung, maka hasilnya akan nampak gelap atau dof, coba deh dikelupas pake ibu jari atau telunjuk seperti mengupas bagian dalam buah salak…nanti akan terkupas dan hasilnya akan nampak bening seperti Id Card yg lain..

      • setau ane, pvc card emang ada yang hasil akhirnya mengkilap dan ada yang tidak mengkilap
        ane pernah kerja di Digital Printing
        dengan proses yang sama, id card produksi terbaru menghasilkan kualitas yang tidak semengkilap produksi lama

      • bos harga mesin plong id dan mesin pres berapa sekalian harga pvc nya

      • dijawab via email ya :)

      • tambahan info yang bagus, terima kasih ya :)

  31. pagi kang hendry… duh artikelnya bermanfaat banget…kang, aq ni karyawan sekaligus IRT. Pengennya sih wiraswasta biar bisa jaga anak dirumah.. nah dari dulu tuw pengen belajar usaha percetakan.. kang boleh nanya ga, untuk pertama kali, kira2 apa saja perlengkapan yg dibutuhkan untuk memulai usaha percetakan ini, paling tdk buat id card aja dulu, tolong yah kang.. detailnya, misalanya bahannya, alatnya.. tlg dijawab via email yah kang…

    dr td aq ngebaca artikelnya kang hendry, jd makin termotivasi..

  32. mesin press heater dimana kang? sanes mesin laminasi kan?

    • ..betul, itu2 juga he3x.. banyak di toko2 yang menyediakan alat sejenis mah.. ;)

  33. Assalamu’alaikum Wr Wb..
    Kang, numpang nanya y,,
    Saya udh berhasil untuk cetak id card nya,,
    yg saya bingung, gmana kita bikin logo untuk di yoyo/gantungannya,,???
    bahan2 apa saja yg diperlukan,,??
    dan gimana cara pembuatannya,,??

    • …sip. Kalo logo di pinnya itu pake resin, saya sendiri tidak/belum tau cara membuatnya. Kalo ada orderan seperti itu saya makloonkan lagi ke tukangnya, he3x. Kalo di Bandung di Jl.Cikapundung buanyak… ;)

  34. Kang,punten ngiringan naros… Sy teh br blajar bikin id card,wktu prtama pake krtas pvc biasa. Tp pas kmren2 liat ada id yg krtas pvc nya 2 rngkap,tp lbih tipis. Metode printingnxa gmn tuh?

    • ..kalo yang dua rangkap mah belum nyoba neh saya ;). kemungkinan prinsip kerjanya sama seperti pembuatan SIM, cetak di luar permukaan, tentunya dengan tinta khusus, karena kalo pake yang inkjet biasa sepertinya akan pudar. Tapi khan ini mah jawaban tebak2an, he3x, semoga ada temen2 yang bisa memberikan info-nya yang lebih pasti :).
      Hapunten yah Kang, hatur nuhun :)

  35. kang mau tanya,sebulmnya saya pakek tinta dye, dan untuk mencetak di pvc hasilnya kok blur atau buram,bisa gk kang tinta dye trus diganti ke pigmen atau tinta art???caranya bagaimana kang???
    trima kasih sebulmnya

    • ..saya pernah pindah jenis tinta juga, kalo sudah terlanjur diinfus, saya rasa harus nunggu habis (kalo tidak mau ganti card ridge). Waktu yang saya alami, karena saya pikir akan diganti dengan tinta yang lebih bagus, ya udah saya buang aja tinta yang ada di botol, tinggal ‘menggiring’ yang ada di card ridge nya dengan tinta baru. Tidak ada masalah, sekarang 100% sudah tergantikan dengan yang baru.
      Mungkin ada cara lain, sebaiknya dicari jawaban yang lebih tepatnya ;)

  36. Kang, belajar dari kegagalan dan komplain dari pelanggan saya saya menemukan sendiri cara buat id card yang lebih tebal(1mm) dan tidak luntur walau direndam lama dalam air.Dari saya temukan sktr 4 tahun yang lalu ternyata tidal luntur (dipakai untuk absensi barcode). Yang mau kerjasama silakan buka q_soft.indonetwork.co.id
    makasih

    • ..sip, ok sukses ya :)
      semoga di antara kita terjalin kerjsama yang saling menguntungkan ;)

  37. mau pesan alat pemotong member card.. dimana y

  38. Ass.
    Kang bade naros yeuh…
    abdi teh tos biasa cetak kartu member dengan pvc, tp ternyata ada juga sy lihat id card yg lebih ipis dari yg sy punya (sekedar info : ada salah satu perusahaan asuransi di jakarta membuat kartu asuransi untuk siswa sekolah yg bahannya sangat tipis dari yg biasa sy buat)..mohon pencerahannya…hatur nuhun kang…

    • …untuk jenis ini terus terang saya juga belum banyak tau dan belum mencoba, kalo nggak salah namanya ‘Shiny PVC’.
      Sepertinya harus nanya lagi neh sama yang lebih tau tentang jenis ini, punten ya Teh ;) he3x..

  39. numpang tanya nihh…
    ada cara khusus, biar hasil print depan dan belakang bisa ketemu sempurna?
    saya gunakan print epson.

    gaptek tapi mau belajar…

  40. ..mudah, sederhana, dan sudah saya jawab pada penanya sebelumnya ;)
    1. Buat kotak dengan ukuran yang sama
    2. Usahakan desain kartu masuk dalam kotak itu
    3. Pada saat akan digabung dengan bagian tengah, kedua print out tersebut dipaskan terlebih dahulu, untuk melihat pas atau tidaknya silahkan terawang ;) seperti melihat bagian dalam uang kertas, atau arahkan pada sumber cahaya agar lebih jelas
    4. kalo sudah pas, bisa dirapatkan bisa dengan double tape atau hekter
    5. sudah :)

  41. Pak Hendry mau ngrepotin nih….
    Untuk membuat cap stempel sekolah dan tanda tangan di Kartu Pelajar supaya hasil cetakan sesuai aslinya bagaimana caranya ya? Saya scan dan olahannya menggunakan PS 4 mohon pencerahannya.( kendala yang saya alami hasil cetakan tandatangan tidak jelas dan stempel blentok-2 dan background yang saya pake di kartu pelajar berwarna merah.) Trimakasih.

    • ..pada PhotoShop, Zoom, pilih Actual Pixel. Jika tampilannya tidak ‘rebek’ berarti tinggal penyesuaian pada saat print. Pilih kualitas cetak terbaik serta sesuaikan jenis kertas yang dipakai dalam pengeprint-an. Misal, jika yang dipakai kertas HVS, jangan pilih Matte Paper atau Glossy, cukup pilih Plain paper..

      • solusi : coba hasil scan tanda tangan dan stempel di import ke corel draw trus di gambar ulang. pasti hasilnya lebih ” bersih”

  42. mohon bantuannya kang..
    saya mau tanya harga Mesin Plong ID Card & Mesin Press (laminating).
    Trus belinya dimn ya?? kalau bisa mnt alamat & no telp nya..
    makasih ya kang..
    mohon bls ke email:
    eddy_by@yahoo.co.id

    • ..sudah di-email pak ;)

      • terimakasih.. saya siapkan dana-nya dl,. nanti kalau jadi akan saya kabari via email.

  43. Sy dah coba bikin id card. dulu biasa pake r230 tinta axia. trus print error. ane ganti head. trus dikasih saran pake tinta highlighter. setelah dicoba kok baru 15 hari warnanya puda/blobor. Saya mohn tips dan saran. karena sekarang banyak komplain dari konsumen. Thanks.

    • ..saya pernah mengalami hal serupa, setelah saya pindah ke tinta jenis pigment, lancar2 saja. Jenis ini banyak disebut Durabrite (karena mungkin karakteristiknya sama), padahal sama2 isi ulang dengan tinta yang lain. Saya rasakan cocok, dan pada saat pindah, saya tidak melakukan rombak cardridge / infus ulang. Praktis. Kisaran hara 60-75rb per 100cc nya. Tidak blobor walau langsung kena air. Boleh coba ;)

  44. punten kang,,, bade tumaros… dupi pvc teh krtas husus kanggo id card??? kl pake krtas karton biasa bisa g???
    hiji deui kang….
    pami ngadamel kalender pake krtas naon nya,,,,
    hateunyahun sateuacana,,,,

    • mangga.. :)
      1. Muhun, PVC teh nu hasil ID Card na mirip kartu a-te-em weh pokoknya mah. Atau juga kartu diskon, kartu siswa dll.
      2. Masalah bahan mah mau kertas karton juga silahkan ajah, asal bisa bagus hasil cetaknya, cuma mungkin tidak dimasukkan kedalam kategori Id Card yang dimaksud, pan beda bahannya, he3x. Hanya kalo Id Card yang dimaksud adalah bahannya namanya PVC, duka naon singkatanana eta teh he3x.
      3. Kalender juga banyak jenisnyah kang, bisa di kertas apa sajah. Hanya kebanyakan di kertas Art Paper (AP), atau banyak yang bilang kalo gak salah kertas Construct (Bhs.Jerman-na mah : Keunstreuk, he3x). Tentang ketebalan, bisa dilihat langsung contohnya di toko2 kertas, pasti ditingalikeun :)
      Kalo jenis finishing, biasanya antara doff dan glossy (banyak yang bilang UV laminating), sudah dibahas juga di Tutorial cetak.
      4. Kalo sudah dicetak mah bisa di-ring misalnya, silahkan datangi tukang penjilidan biasanya, atau di tempat khusus tukang membuat kalender..
      5. Samentawis sakitu heula kang, mudah2an ada temen yang mo nambahin, he3x..

  45. eh satu lg kang… kaknatun…
    dupi bikin id card di corel kumaha???? manawi tiasa ngarahkeun
    hatur nyuhun deui ….

    • ..ok bahasa Jerman weh nya, supados kahartoseun ku sadayana, qeqeqeqeq..
      1. Sebenarnya di atas juga sudah dijelaskan secara singkat. Jadi kalo diringkas, langkah pertama itu khan bikin dulu desainnya. Ukuran Id Card yang sudah jadi adalah 8.5cm x 5.5cm. Berarti di Corel kita harus membuat ukuran bagian depan dan belakang, sedikit lebih besar dari ukuran itu, karena pada saat dipotong oleh mesin plong memerlukan space/ruang lebih untuk hasil potongan yang rapih. Coba bayangkan kalo ukurannya dipas, tentu akan sulit mendapatkan hasil potongan yang bagus/rapih.
      2. Sepertinya langkah berikutnya sudah sangat jelas. Sekarang mah gini ajah, akang kesulitannya pada bagian apanya, nanti sayah ikut membantu. Boleh da teteleponan oge, he3x.. Kumaha tah, satuju? Satuju aja yah.. ;)

  46. maaf kira2 tinta durabrite ama tinta inktech tuk ID card bagus mana ya… n harga plong2an kira brpa ya???? trims infonya

    • ..kalo selama ini seh saya pake DuraBrite, hasilnya bagus, karena tinta jenis ini bersifat water resist :)
      Untuk mesin plong, kalo di Bandung coba di toko2 elektrik besar.
      Kalo beli ke saya, mungkin lebih mahal, qeqeqeqeq..

  47. saya mau tanya harga Mesin Plong ID Card dan bahan2 lainnya..
    Trus belinya dimn ya??
    seblmnya makasih ya kang..
    mohon bls ke email:
    fey_baye@yahoo.com

    • sudah dibalas via email ;)

      • saya juga ya mas, kirim ke Email saya
        angga.permana61@gmail.com
        ditunggu ya mas,,,,
        terima kasih,,, :D

  48. mau numpang tanyak kang.ini saya teh sudah muter-muter mau beli pemotong card id tapi belum ketemu wae.pusing kang mau coba buat usah di jawa.ponten kang badhe narosken kira-kira tempatnya dimana ,toko apa yak kang,punten pisan yak ,nga gangu.

  49. mau numpang tanya kang.ini saya teh sudah muter-muter mau beli pemotong card id tapi belum ketemu wae.pusing kang mau coba buat usah di jawa.ponten kang badhe narosken kira-kira tempatnya dimana ,toko apa yak kang,punten pisan yak ,nga gangu.

    • ..nyuwun sewu.. baru dibalas he3x..
      di Bandung biasanya terdapat di pusat2 elektronik seperti Bandung Electronic Center (BEC), Be Mall dll.
      Atau, nitip sama sayah juga bisa, tapi ada tambahan ongkos kirimnya he3x ;)

  50. Kang,,
    Makasih utk pencerahan resin,, :)
    Udah dapat kmaren,,
    dan Alhamdulillah udah bisa bikin logonya, dgn bbrapa kali percobaan produk gagal.. :P

    Mo Nanya lagi y kang,,
    Kenapa yah klo kita cetak warna merah di id card,,
    Warna merah yg keluar gk merah asli kang,,
    agak pudar gitu,,
    padahal saya udah make tinta Dura,,
    emg sih tinta dura kebanyakan di pasaran udah dicampur2 utk ngambil keuntungan bagi pnjualnya,,
    mungkin akang ada pencerahan untuk MERK tinta jenis dura yg bagus dan hasil utk warna merah nya persis sama merah asli,,

    Thx sebelumnya y kang?

    • ..sip, selamat atuh yah… :)
      1. kalo bukan dari tinta, mungkin juga resolusi atau setup monitornya yang ‘menjebak’ he3x.. Coba buka file tersebut di komp lain dengan monitor berbeda.
      2. Kalo masih pudar juga, barangkali file CDR nya harus di-convert ke JPG (di layar kerja Corel lakukan Crl+E, pilih tpe file nya JPG/Bitmap, biarkan resolusinya besar (200-300pixel)). Berarti file nya yang harus dicetaknya file JPGnya (he3x bahasanya meni nggak enak nya ;) ) yaitu dengan mengimpor file JPG tadi pada layar kerja (Ctrl+i)
      3. Persatuan Indonesia, he3x.. sementara dicoba saja dulu Kang, mudah2an berhasil, dan kalo belum pun kita berharap semoga ada temen2 yang bisa membantu.. Gudlak lah pokona mah ;)

      • Hee,,
        Makasih banyak kang,,
        Sekarang lagi saya coba print dgn format jpeg,,
        Tapi dgn 2 opsi :
        1). convert jpeg CMYK
        2). convert jpeg RGB
        ada perbedaan sih pas di convert di tampilannya,,
        Make Corel Draw X5,, :)
        Sekedar ngasih masukan buat yg laen klo bikin logo di yoyo:
        1. Bahan:
        – Resin = biasanya pas beli udah ada 2 cairan yg diberi, resin ama pengeringnya. Resin lebih kental dan Pengeringnya lebih cair.
        2. Peralatan:
        – stik ice cream
        – wadah buat ngaduk resin + pengeringnya (biasanya saya make gelas air mineral bekas)

        > Untuk percobaan:
        – Print logo di dalam lingkaran dgn diameter 1,9cm di kertas photo.
        – Potong2 logonya dan taruh di permukaan yg rata.
        – Tuang 3 sendok makan penuh resin dan 2,5 sendok makan pengering nya ke dalam wadah (gelas air mineral bekas).
        – Aduk sampai rata (sampai resin + pengeringnya kelihatan menyatu). Jangan sampai gk rata ngaduknya, karena berakibat resin tidak bisa mengering.
        – Teteskan ke logo yg udah kita potong2 tadi dgn mnggunakan stik ice cream tepat di tengah2 logo tsb, karena nanti cairan akan menyebar sendiri ke permukaan logo tsb.
        – Tinggal nunggu sampe kering, biasanya maksimal 12jam udah kering, klo udh lewat dari 12jam gk kering2 gaal tuh. Penyebabnya ada 2: pengering nya kurang ato ngaduk nya gk rata.
        Beri penutup untuk logonya, karena resin baunya menyengat dan mengundang lalat dan binatang terbang kecil yg laennya untuk mendekat.. :)
        Biasanya 3 sendok makan cukup untuk 50 logo.
        Mungkin itu sedikit masukan / info bagi tmn2 yg laen mo buat logo di yoyo id card.. :)

  51. ..waaaah mantabs buanget tips nya, makasih banget neh.. sangat bermanfaat :)

  52. kang, saya memerlukan mesin plong untuk ID Card. kira kira berapa harganya…mungkin sama ongkos kirimnya juga untuk wilayah pontianak (Kalbar)

    • ..sudah dijawab via email ;)

  53. kalo mesin potong id card udah tumpul,
    yang diganti apanya ya ?
    mesinnya atau hanya pisaunya saja ?

    • kebetulan punya saya belum tumpul juga, jadi belum tau caranya he3x. Kemungkinan mah sama dengan gunting, pake kikir kali ya.. Nanti saya cari tau, saya juga perlu info neh…
      Makasih ya :)

      • Sudah saya coba
        tapi, ngga ada hasilnya
        malahan, tambah tumpul
        hadohhh …
        hiks hiks .. :(

    • pisaunya bos, diganti, gak bisa kalau dikikir, ganti pisau baja tua, bisa kok diasahin kalau pisaunya baja.

  54. kang….klo boleh tau mesin laminasi yg harganya 150rb s/d 350 itu merk apa ya…..n ukuran maksimal kertasnya apa kang…..thank’s
    sekalian donk hitungannya sama ongkos kirim..coz saya perlu mesin laminasi…..alamat saya di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Kalimantan Barat sebagai patokan ongkos kirim per kotanya

    • ..sepertinya sudah saya jawab via email tempo hari.. ;)
      he3x..

      ..biasanya produk2 dari China, merknya saya lupa he3x. Ok nanti saya tanya dulu ke Jasa Pengiriman..

  55. Sya mu tnya nch, di opsi pngeprinan id card plih photo kwalitsnya kn plain paper, tp msih ad opsi yg lainnya, sya lpa lgi. Pko’y ada slah stu kotak dialg yg nma’y dganti dgn “id card”
    trus klw gk slah hight’y pke 2000 & wght’y pke 3000. Lngkah opsi’y gmna? Sya pke epson t13
    tlong bntuan’y kang!
    Klw bsa via e-mail,
    htur nhun,

    • sudah dijawab, nuhun :)

      • saya juga kang, saya di madura, tolong emailkan juga ke
        khairil.as15@gmail.com
        terima kasih ya kang

  56. Assalamu’alaikum akang….
    Wah, asyik juga nikutin obrolan di atas. Sebenernya aku jg tertarik buat belajar cetak id card gitu…cuma info lengkapnya yg g tahu blas….
    Mudah2an akang2 semua bisa bantu untuk ilmu dan peralatan yg dibutuhkan..
    Saya domisili di Tegal, Jateng
    Nuhun….

    • Insya qjjl Mas, kalo butuh bantuan yang bisa saya lakukan monggo.. :)
      Matur nuwun, sudah mampir he3x :)

  57. Kang, mau tanya. Saya mau beli alat-alat pembuat ID Card lengkap kalau di Bandung dimana ? mohon informasinya.
    ditunggu jawabannya (lewat email juga boleh)

    • ..seperti jawaban sebelumnya, barang2 tersebut saya beli di BEC atau pusat2 elektronik yang lainnya ;)

      • kang, itu sudah termasuk Mesin Press Heater, Mesin potong ID Card ? kira-kira harganya berapa ?

  58. aslmkum…
    punten kang ari tinta durabrite aya warna LM & LC kanggo R230? htrnhun….

    • parunteeen baru dibalas, lagi ada kesibukan, he3x..
      Utk tinta jenis itu saya tidak tau eung, maap atuh yah soalnya masih pake yg empat warna he3x ;)

      Kalo ada rekan2 yang tau, mohon share ya buat Kang Aried, nuhun :)

  59. makasih, klu bisa ada gambar bantuan, sebab bagian mo di cetak ama yg mo di pres masih ngak ngerti

    • iya neh, belum sempet nge-crop gambar2 nya, he3x .. makasih banget masukannya :)

  60. Salam Kenal,
    Kang sy udah beli semua peralatan ID Card di Mangga Dua tp ne terkendala pada desain. Apa ada trik & tip praktis selain dgn CorelDraw (soalnya saya belum menguasasi) atau ada tempelete yg tinggal di edit. TKB

    • wadoh rada panjang kalo diketik mah Kang, gimana ya..? he3x..
      Inti nya bikin desain seukuran ID Card standar, lebihkan tiap sisinya untuk area potong, jangan dipas banget gitu, he3x..
      Copy-kan ke samping dan bawah hingga bahan terpakai dengan maksimal (paling jadi 10pcs ID Card)

  61. kang.. nyetak id card dibahan silver prosesnya gimana? sama dengan yg pvc biasa ato gak?

    • sbenernya cara cetaknya sama dengan pvc biasa, tapi karena nyetaknya dibagian transparan makanya fotonya kurang jelas jadinya, biasanya kalo saya di bagian foto saya lapisi dengan blok putih dengan tinta sablon untuk pvc biar fotonya jelas, terus… kurangi background full karena background silvernya itulah yang harusnya ditonjolkan. (ini berlaku untuk bahan gold juga), mohon maaf semoga mencerahkan… :)

  62. kang kalo bikin id card supaya bisa ditandatangan pake bolpoint sama di stempel gimana caranya?

    • ..kalo saya biasa di-scan semuanya, baik tandatangan maupun stempelnya. Diedit ulang pake Photoshop…

      • maksud saya cara bikin sign strip pada id card kang, jd itu nanti bisa ditandatangani pake bolpoint gitu….

        nuhun,

  63. mas maw nanya, ane udah ngeprint di pvc id card tapi untuk hasil fotonya kok pudar ya padahal pixel fotonya sudah besar. saya nyetak di adobe photoshop.

    tolong dijawab ya mas. makasih.

    • ..pertanyaan ini sering dilontarkan :) coba cek di atas, he3x..
      saya copas dari jawaban sebelumnya aja ya:
      1. Coba tes lagi dengan berbeda opsi cetak dan jenis kertas. Saya biasa cetak kualitas foto dan jenis kertasnya cukup jenis Plain Paper, karena tidak terlalu banyak tinta sehingga mengurangi blobor tadi
      2. Untuk PVC jenis baru agak sulit dibedakan mana bagian luar dan dalamnya, barangkali ketuker, coba tes cetak kedua permukaan tsb.
      3. Sementara ini dulu deh, mohon maaf ya

  64. mas, kalau untuk cetak member card dalam jumlah banyak 1 hari kan rada kelamaan untuk menyusunnya di corel 1 persatu, karena beda nomor member card dan timbal balik , ..ada tidak ya mas cara yang otomatis untuk menyusuunya,mungkin software atau bagaimana.
    terima kasih.

    • ada, gunakan Print Merge di Corel, ikuti aja langkahnya :)

  65. mohon bantuannya kang..
    saya mau tanya harga Mesin Plong ID Card & Mesin Press (laminating).
    Trus belinya dimn ya (kalau bisa online)??
    makasih ya kang..
    mohon bls ke email:
    madan89as@gmail.com

  66. malam bos…
    saya ardee, design grafis dari bali
    mau numpang tanya nehh
    saya punya printer epson R230
    lengkap dengan CD tray dan ID card tray..
    cuman saya belum punya software untuk cetak id card nya yang sesuai dengan tray id card nya

    karena tidak ada option id card tray pada sofware bawaan R230 tsb.

    mohon bantuan bagi yang punya link nya…

    thx gan

    • ..saya malah belum tau software nya seperti apa he3x.. mungkin di MS Publiser ada..
      Kalo saya sendiri membuat template manual di CorelDraw :)

  67. …kang punten yeuh bade narosken upami hargi mesin cetakna sabaraha?
    saya jadi pengen buka usaha ni…
    terus dimana yang jualnya ?
    nuhun sateacanna.

    • (mohon maaf telat membalas, lagi ada kesibukan he3x :) )
      wah harga mesin cetak mah tidak hafal.. mesin jenis apa ya? sempat ada yang nawarin mesin kecil (Toko) 2nd nya kisaran 35jt, kalo GTO52 dua mah katanya seh kisaran 200jt ke atas.. Coba cek di Dr.Google ;)..
      Punten ya kang :)

  68. kertas id card bisa d print d print laser ngga ya

    • ..belum nyoba kang, kayaknya bakal ngeluntung, kan panas he3x

  69. assalamu alaikum.kang abdi ti sukabumi bade tumaros hoyong tiasa bikin matres poil kumahatah kira2 uah uih ka bdng bati jadi ngurangan bos. haturnuhun pisan sateuacana. sukseslah

    • ‘alaikum salam..
      kumaha pami diimelkeun, teras weh nga matresna nu kinten2 kaanggo lami, nu kinten2na sakedik mah teu kedah dimatres weh atuh, jawab weh pami sakedik mah pamali kituh he3x..
      Sebaiknya ada tukang matres juga kang di sukabumi, kalo tidak ada mah apa boleh buat.. :)

  70. punten. kang tanya nih…. ada yang mengatakan bahwa cetak id card dgn printer 6 warna akan lebih cepat luntur jika dibanding dengan print 4 warna (dengan jenis tinta yang sama), mohon pencerahan…

  71. punta kang, nanya lagi neh, mesin potong pvc itu harganya berapaan ya

    • ..kisaran 500rb-an, tapi sya baru survey satu toko, kalo mo nitip boleh ;)

  72. kang pvc id card instant bisa diembos gak ya?

    nuhun,

    • bisa :)

    • o00. tentu bisa mura kok alatnya ya sekitar 5 jtian gitu kalau mau silahkan PM saya aja

  73. permisi..

    saya usaha id card dengan kapasitas 600 id card/hari. cuman saya pusing dengan printer yang sering ngadat. tdnya pake t13, saya ganti pake L100 tp dengan tinta Pigment. tp masih kurang maxsimal.

    rencana saya mau ganti pake laser printer. kira2 ada tdk printer laser yang mendukung dengan cost per printnya rendah? pernah coba pake printer laser xerox overlaynya malah kriting, karena kepanasan.

    mohon petunjuk suhu, barangkali kita bisa menemukan solusi bersama.

    nuhun

    • gmna kalo printernya lebih dari satu? 600pcs sehari mah atuh ketutup buat bei printer lagi he3x. Saya pernah ngeprint dengan 3 printer sekaligus, cepet lho kang ;)

      • betul-betul dari pada pakai 1 printer mendingan banyak printer, soalnya head kan juga punya kemampuan sendiri dengan batas sekian udah mulai berkurang kualitasnya, masak dengan 600/hari print cuma 1, kelamaan nunggu

  74. kalau yang mau mesin potong id card silahkan ym saya ya.

  75. gan tolong info harga mesin pond id card nya dong, sekalian belinya dimana nih. hatur tengkyu nyak

  76. asslmlkm..
    kang tumaros, dimana mun bade meser mesin potong id card /PON? pesen ka akang tiasa? sabara pangaosna? abdi di tasik, balasna kana email nya kang! hatur nuhun.

  77. Mohon bantuannya GAn…saya lg nyari alat buat motong sudut pada ID CARD yang ukurannya beda denga ID card biasa…ada gak yach…tolong yach GAN n makash atas bantuannya

    • ..bikin ajah atuh pake pisau pond, kumaha tah? banyak tukang pond biasanya deket percetakan… qeqeqeq

  78. Mas Agan..mo tanya ney…ane usaha di bidang cetak idcard…jenis tinta pigment hasilnya gak bisa maksimal yah ?khususnya buat cetak desain warna hitam.. saya pake printer T13 trus pake tinta INX pigment..ada gk jenis tinta pigment yg paling ato super bagus alias KW 1….krn disini kita menerapkan kepuasan pelanggan nmer 1..klo emg ada tlg rekomendasinya gan. tq

    • kalo banyak mah udah ajah dicetak di mesin percetakan, pasti hitam tah, he3x..
      kalo jenis tinta mah belum tau eung… tapi saya pake hitam hasilnya banget ah :)

  79. mas mau tanya, untuk pembuatan ID card dengan angka timbul seperti ATM/kartu kredit, alatnya namanya apa ya..? dan kisaran harganya berapa ya..?
    makasih sebelumnya

    • ..nama alatnya saya nggak tau pasti apa namanya, tapi kalo bilang ‘emboss id card’ pada tau kok, he3x..
      karena belum tau, jadi untuk harganya juga belum tau.. coba dicari-cari dulu di Google :). Maaf ya :)

  80. mas, mohon bantuan’a ya,,,
    harga dan alat2 yang digunakan untuk membuat ID Card tu apa saja,,,
    kirim ke email saya ya mas….
    terima kasih,,, :D

  81. Salam kang, saya belum lama melengkapi percetakan saya dengan ID Card, tapi kayaknya hampir sama masalahnya dengan temen2 yg lain. begitu udah jadi kurang lebih satu mingguan warnanya jadi melebar dan semakin lama semakin melebar. mohon penjelasan kang, saya pakai epson T13 dan tintanya i-flow. kira2 apakah saya harus hijrah ke merk yang lain atau gimana kang? sekali lagi mohon penjelasan dan makasih sebelumnya!!

    • saran sayah mah hijrah ajah kang. Coba pake tinta yang jenis pigmen, rada kenceng pangaosna tapi bagus :)

  82. kulonuwon
    mohon saran kang, kalo printer biasa seperti canon MP258, bisa ndak ya untuk cetak id card. tq atas balasannya.

    • ..pada prinsipnya semua jenis printer sama saja, karena media cetak untuk id card juga tipis. Bagian yang tebalnya itu digabungkan pada saat pross pressure (laminasi). :)

  83. salam kang saya pendatang baru dan baru muulai usaha dibidang percetakan khususnya id card dan sejenisnya saya mau tanya jenis tinta apa yang bisa bikin id card awet dan tidak blawer karena yang saya buat selama ini semuanya blawer dan tidak tahan lama trima kasih mohon pencerahannya kang

    • ..coba pake yang jenis pigmen, tukang refill tinta pasti tau.. :)

  84. mau tanya nih, saya dah pake tinta durabrite tapi hasilnya tetap gak maksimal. printer saya epson c90, apakah ada pengaruh? mohon penjelasannya

    • ..mungkin headnya kering ya..? coba dicek ke tukang repair. Soalnya jenis tinta ini cepet kering. Atau kalo bisa jenis Durabrite nya yang bagus, tidak cepet kering dan hasil jauh lebih bagus, harga nya juga ikutan bagus he3x.. :)

  85. Mas..sya mau bkak usaha percetakan d rumah, tp sya msih bingung mas utk alat operasionalnya. sya sngat btuh petunjukny mas, k jalan yg bnar kra2 ap aj alat2 operasional yg sya btuhkan : spt, printer ny type ap bgusny?design ny nantik bgusnya pkai colrel atw fotoshop? dsb ny?
    Mohn dg sangat petunjuk ny mas…
    klu bsa via email y mas..

    Thank bnget bnget bngeeeeeeeeeeeeeetz,ats respon nya..

    • he3x..
      ada beberapa penanya serupa dan telah dijawab semuanya.
      Biar tidak duplikasi, gmana kalo nelp..? he3x..
      Atau kirim email saja, nanti saya buatkan template untuk pertanyaan seperti ini… :) piss ah

  86. mas kalau untuk masalah printer zebra zxp3 bisa tidak ya?..karena saya sedikit bingung dalam proses menggunakannya, apa lagi masalah pada ribbonnya.
    dicari petunjuk nya tidak ada, mungkin mas bisa bantu saya .
    terima kasih ya..

    • …wadoh kebetulan belum paham neh, he3x.. semoga cepet ada jawabannya, punten yah :)

  87. ada yang bisa kasih info bikin nama dada…terima kasih

    • Punteun ikut nimbrung:
      Nama Dada ada banyak jenis Kang
      1.Bordir
      2.Logam
      3.Gravo
      tinggal pilih salah satu untuk pesan bikin Nama Dada silahkan Hub:021 93003979/0878 8148 4502 atau di e-mail saya Kang,dhie_vanjava@yahoo.com hatur nuhun

  88. mas, biasanya peminat ID Carad atau sebut saja saasaran pasarnya lah…. nah itu kalangan apa?

  89. halo mas, saya Rizqon dari pekalongan,
    mas saya pengen tanya, kira2 sasaran pasar ID Card Itu kalangan apa saja?? terimakasih banyak….

    salam kenal

    • ..tergantung jenisnya Mas, kalo ID Cardnya jenis yang biasa2 saja (tidak difungsikan dengan penggunaan database keanggotaan tertentu atau lainnya), berarti sekedar untuk pengenal saja seperti Kartu Parkir, kartu siswa dll (di artikel bagian atas juga dijelaskan hehe..) sehingga jelas pangsa pasarnya untuk siapa..

  90. artikel yang meng-inspirasi…
    mo nanya kalau tinta jenis figmen itu bisa dibeli di mana? merknya apa?

    • tinta jenis pigmen banyak dijumpai di toko2 tinta, kalo di bandung saya pernah beli di IBCC, BEC, Plaza Bandung dll.

  91. diantos waleranna

  92. ass. kang kalau id card uv itu maksud apa?

    • punten baru dijawab.. :)
      UV mah bedanya hanya di jenis laminasi luarnya aja. Kebetulan itu istilah saja, karena ada dua jenis lapisan luar, yaitu yang satunya rada nge-doff, jadi weh yang satunya dinamain UV :)

  93. thanks banged yakiend dsaat gw lg kbingungan tiba2 jd ga blank nehh hehehe
    kbtulan ada yg order 4000×500 pcs, sblmnya mao gue orderin ke orang lain tp tnyt gw bisa.. cuma rada kasian ma printer gw soale gw pake juga tuk cetak foto …
    tp thankss atas infonya..

  94. mesin pres itu apa, n mesin potong itu itu pa, n harganya berapa

    • sudah dijawab pada pertanyaan yg sama di atas :)
      mesin press = mesin laminating,
      mesin potong = mesin plong ID Card
      harganya = musti survey heuheu. Saya waktu beli di BEC Bandung, kisaran 400rb an yg biasa mah :)

  95. pnten ah,, oerang Sukabumi mau nimrung,,, dupi cara ngbalikn IDcard saentos didisign kmha nya kang,,,??? pan kdah dibalikkn nya,, bisi tutung pan,, he,,he,,

    • bisa dua cara, di mirror di layar kerja Corelnya, atau pada saat ngeprint, pada saa Preview cari ikon berbentuk ‘E’ , kan udah dibahas di atas heuheu..
      ini saya copy paste dari artikel (no.2) di atas :
      2. Print. Setelah selesai dibuat, lakukan print (seperti melakukan print biasanya). Pada saat di Print Preview, pilih opsi Mirror -simbolnya h huruf ‘E’ -)

  96. diantos waleranna ah,,,

  97. untuk Id Card yg Gold bagus pake tinta apa ya ngeprintnya? mksh atas jawabannya

  98. selamat siang
    saya mau tanya gimana caranya menyisipkan tandan tangan dan cap pada ID Card seperti ID Card instansi biasanya dibelakang terdapat tandatangan kepala kantor dan cap instansi, apakah discan atau ada alat khusus. saya pernah coba scan tapi hasilnya tidak rapi/bersih?
    terima kasih penjelasannya

    • (sebelumnya, selama tidak disalahgunakan menurut saya tanda tangan dan cap boleh discan untuk keperluan yang semestinya)
      Ya, yang saya tau discan, dengan dpi yang besar, minimal 300dpi. Hasil scan nya diedit di photoshop, biarkan Image Size nya jangan diubah. Di Layernya pisahkan antara warna background (putih) dengan objek tanda tangan serta capnya. Untuk memisahkannya gunakan Magiz Wand, lalu delete (atau dihapus dengan cara manual bila hasilnya lebih bagus). Layer Background dinon-aktifkan (agar tidak memiliki warna background). Save As ke type file GIF (Ctrl-Shift-Alt-S).

  99. Om mau tanya neh….
    saya dah coba bikin id cardnya…
    setelah proses selesai sampai laminating
    abis itu saya buka plastik lapisan depan yang mengkilap
    tapi kok bagian dalemnya pada bergelembung ya…
    gak nempel 100% ke bagian tengahnya…
    masalahnya kenapa ya???

    • ada kemungkinan bagian tengahnya tidak diklupas dulu, atau temperaturnya belum cukup panas (disarankan 120ºC – 150ºC)

      • pengalaman yg sama.
        smua plastik tengah sudah diklupas duluan trus ditempelin
        panas sdh 150 C
        mungkin karna kwaliitas pvc yg beda

  100. terus ini menggunakan tinta apa ? sublime apa pigment
    thanks. …………………………………..

    • kak kalau pke business Card designer gmna yah,, ko trial verson,, emng sofwarenya ga ada yang free yah???

  101. mau nanya neh kalo :
    buat kaos. ID card. itu pake tinta apa ?
    makasi sebelumnya :)

  102. Assalamu’alaikum. Perkenalkan ya shohibulkariim, ana dwi, ane mau tanya kalau mendapatkan transfer paper yg masih plano-an, dimana yah?
    Jazakallah, atas perhatiannya. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada antum dan ana.
    Wassalam, alfakir.

    • ‘alaikum salam wr wb akhi.. :)
      bahan yang plano-an mah belum tau informasinya eung hehe..
      afwan :)

  103. blognya keren, mengupas habis masalah ID Card.. ane juga barusan beli paket ID Card ngeprint pake epson R230 hasil untuk teks dan foto bagus. masalah timbul ketika mencetak ID yang pake blok gelap (Hitam/Biru/Merah) tulisan diatas blok langsung ilang/blobor/pudar.. ane pake tinta UV Dye Based Ink , kata penjualnya sih itu yang biasa buat ID Card, tapi kok pudar diblok? punya solusi gan..? tengkyu.. salam kenal, bandungnya dimana gan? kali2 ane nyasar..hehehehe

    • pake R230 mah semestinya lebih halus..
      kalo pudar pada blok, kemungkinan settingan jenis kertasnya yang kurang tepat. Sudah dicoba semua jenis belum? misalnya coba pake yang Matte Paper (pada opsi pengeprint-an) atau Plain Paper, karena printer akan menyesuaikan tinta yang dikeluarkannya.. :)

  104. sampurasun Kang….
    mo nanya nich, karna udah lieur pisan.maklum cuma bisa pake compu doang. giliran ada trouble, lieurrrrrr.
    sebelum buat ID card saya udah baca tips nya akang.
    tapi giliran mo ngeprint, di Print Previiew nya gak ada opsi miror…?
    ini yg buat lieur kang… he..he

    ahirnya diphoto shop nya hasil disignnya saya balik, trus di copy paste ke word.
    oh iya kang ,saya pake printer canon iP 2770
    hasilnya blm ketauan, krn blm dicoba ngeprin PVC…..

    Punteun nyuhun pituduh kang……

    HATURNUHUN

    • coba baca lagi pada tips di atas, saya baru tambahkan gambar pada point 2, mudah2an ngebantu :)

  105. bagus mas

  106. saya mw tanya.. ketebalan kertas PVC yg tersedia di pasaran sekitar berapa milimeter ya??

  107. terima kasih tutorialnya, saya langsung ke TKP :)

  108. kang,untuk print biar hasil foto nya bagus apa ada settingan dari corelnya??abdi nyobian ngadamel id card,untuk hasil backgraound bagus,tp untuk hasil fotonya yg kurang memuaskan,padahal pngambilan gambar dari kamera DSLR,untuk tinta juga saya pake Art Paper (punten sanes promosi) hehe..nuhun sa teu acan na

    • mohon bantuannya kang..
      saya mau tanya harga Mesin Plong ID Card & Mesin Press (laminating).
      Trus belinya dimn ya?? kalau bisa mnt alamat & no telp nya..
      makasih ya kang..
      mohon bls ke email: Sunardi_1407@yahoo.co.id

  109. aq pake dura bright kak, tapi kok warna birunya cepat lumer yahh??
    tempat beli pvc dimana yang agak murahan kak :D
    atc_an6@yahoo.it

  110. saya pernah pakai ilustrator buat bikin ID card member, tetapi berhubung membernya banyak, jadi ganti pakai Nicelabel, jadi bisa connect dengan database kita. printer pakai Epson L100 hasilnya memuaskan, tetapi sayang ngeprintnya lama banget, 1jam paling dapet 3-4 lembar kertas ukuran A4 karena harus best foto pilihannya. 1 lembar ada 4 kartu. sedang cari-cari lagi nie gi mana biar bisa cepat.

  111. saya mau pesan pvc id card intan ( pcs) . berapa ya harganya?

    • klo saya pernah survey sich variatif, 8rb s/d 11rb. Klo di saya, sbnarnya gak jual tapi kalo butuh mah saya bantu, harga nya yg paling rendah aja, asal bahagia weh hehehe :)

  112. punten kang, slmat pagi, mau tanya…untuk print gambar pake format mirror kok sulit ya? q pke printer epson T13x, trus buat tulisannya di microsoft works-> microsoft word processor..kok g ada option mirrornya ya? matur nuwun..

    #tlg cpt dbls soalnya lg buru2…mo cb sablon kaos…

    • mohon maaf mas baru dibales hehe..
      kalo di printer T13 ada, mudah-mudahan di printer lain juga ada. Pada saat masuk ke menu print, ada Properties, pilih Page Layout, di bawah ada Mirror 180º.

  113. mas, soft ware pembuat ID card yg paling bagus n free download apa y,,,,tolong bantu saudarax ini dari gresik jatim mas y,,,,

    thank you

    • saya belum memakai software khusus, masih pake Corel Draw hehe

  114. beli kertas PVCnya di mana mas ?

    • Salam kenal kang hendry, say baca dari ujung rambut ampe kaki komen di blog ini rame banget 3 tahun loh… top jalitop dah… kalian mau numpang ngramein juga nih…. bagian dari bahan id card kan ada 2 macam 1. pvc dan ke 2. plastik transparan nah pertanyaannya pada bagian mana yang dicetak dengan printer ? PVC putih atau plastik transparannya…. saya dah beli bahan tinggal doit saja.
      hanur nuhun ya kang oya kaian nanya harga mesin plong ya tulung di ngimel ke ksnr.gjb@gmail.com
      sekali lagi hanur nuhun….. sukses kang

  115. Salam kenal kang hendry, say baca dari ujung rambut ampe kaki komen di blog ini rame banget 3 tahun loh… top jalitop dah… kalian mau numpang ngramein juga nih…. bagian dari bahan id card kan ada 2 macam 1. pvc dan ke 2. plastik transparan nah pertanyaannya pada bagian mana yang dicetak dengan printer ? PVC putih atau plastik transparannya…. saya dah beli bahan tinggal doit saja.
    hanur nuhun ya kang oya kaian nanya harga mesin plong ya tulung di ngimel ke ksnr.gjb@gmail.com
    sekali lagi hanur nuhun….. sukses kang

    • heuheu.. sip..
      kang..kalo baca dari ujung rambut ampe ujung kaki mah pasti baca, ini bagian kalimatnya : ‘..3. Setelah dua bagian tercetak (bagian depan dan belakang), bagian tengah PVC lepaskan lapisan plastiknya’. Jadi diprintnya di bagian transparannya kang, bagian depan dan belakang. Jangan lupa sebelum diprint di-mirror dulu gambarnya (lihat gambar di tutor :) ). Semoga bermanfaat :) nuhun

  116. sangat bermanfaat kang.
    saya mo nyoba nich.
    cuma pake printer hp laser warna
    klo potongnya pake cater dulu.
    kira2 gmana kelebihan dan kekurangannya dibanding print injek?

  117. wah,, blog ini sangat bermanfaat
    kang mau tanya ni ….
    saya bikin id card pake tinta sublim dan hasilnya ngg’ga lama trus pudar apa tinta sublim gak cocok wat bikin id card ya kang?? mohon penjlasnya,,, trim….

    • setau saya sublim mah buat transfer ke gelas itu ya kang? dan ada jenis tinta dimana hasil cetaknya pudar juga. Yang saya pake sih jenis pigmen atau dura brite tea gening hehe..

  118. Permisi kang…….
    maaf tidak sempat baca dari atas, karena terlalu banyak, :)
    saya mau tanya berapa harga bahan dan alat (mesin press heater, mesin potong id card, dan kertas pvc) untuk membuat id card saat ini? Kalau komputer dan printer sudah ada, printer saya canon pixma ip1880 dengan tinta blue print bagus nggak ya hasilnya? Biasanya untuk cetak foto lumayan bagus…. Mohon jawabannya dikirim ke email juga yang kang…. email : hidayatullahpundenarum@yahoo.co.id
    Terima kasih sebelumnya kang…

    • sudah dikirim kang :)

      • Suwun kang informasinya….

      • sami-sami :)

  119. gan kalo tips untuk mencetak id crad di ID BLANK CARD gimana…?
    soalnya setiap ane print tiap templet posisinya suka beda-beda.

    • wah belum pernah kalo pake Blank Card mah hehe. Coba lebihin aja desainnya Mas biar nggak kesana kemari hehe :)

  120. merk tinta buat id card apa ya berapa per 100 ml

  121. permisi…mo share sedikit, berharap dpt nasehat yg berguna.
    q buka usaha rental komputer . sering sich, dpt order kartu nama, tp utk id card…biasanya cuma q akalin. pake printer R230, kertas double site, lalu dilaminating. blum penah pake kertas pvc, takutnya udh beli, g bisa pake. dlm wkt dekat mo dpt order utk suatu perusahaan…gmn y??????? lanjutin spt biasa, atau nyoba pake pvc, tp bisa g y klo pake printer R230?bnr2 lg galau, takute..x pertama dpt order id card dlm jml bnyk, malu-maluin…mhon dikrim ke hastutidwiex_84@yahoo.co.id. terima kasih byk

  122. pak kalo pengalaman pake tinta pigmen merek apa, mau beli tapi bingung mereknya, kalo di BEC toko apa

  123. punten numpang nanya setiap print id card pakai tray tpi hasilnya ko bulat mulu ya…mohon triknya kang nuhun

  124. maaf, knpa stiap jwaban dikirim ke-email?? yg baca coment2 jdi gk tau jwban dri pertanyaan apa.. :-?

  125. maaf mau nimbrung nih ..bisa gk kl printnya pake selain epson?????

  126. makasih blognya, ku baca, ku pahami, ku beli peralatannya dan ku buat 1000an ID card, sebagai pesanan perdana……
    mau nanya juga nih : kalo Magnetic card peralatannya gimana? apakah beda jauh dg card bahan PVC? makasih sebelumnya…

  127. klo ngebuat ID card pake printer canon mp58 bisa nggak y…? trus apasih nama kertas plastik untuk ID card itu????

  128. kang klo buat dalam jumlah banyak paling enak pke software apa kang

  129. Kang saya mau tanya, saya buat formatnya pakai Program cetak laporannya pakai Crystal Report terus saya mau cetak Mirror nya gimana ya …? saya sudah coba akalin cetak dulu dgn PDF ..tatap saya susah untuk cetak Mirrornya ..gimana ya ..bisa bantu ga …?

    • Kalo pake *.pdf tetap bisa dibuat mirror. Dari settingan printer (contoh: printer *p*on), pilih printing preference tab “Page Layout” pilih centang “Mirror Image”

  130. tanya mas kalo menempelkan apa pakai mesin laminating yang biasa buat ktp ? terus kalo motong bisa pake cutter ngak ?

  131. Kang tumaros, pami di Sukabumi ayateu toko penjual alat2 pencetak ID Card sareng perangkat nusanesna lengkap pokonamah ?
    htrnuhun

  132. waw saya tertarik usaha kaya gini kang,cuma saya belum tau dan mau coba mohon bimbingan nya.punten kang bade tumaros…harga PVC berap dan dimana beli nya yang ke dua mesin pres heater dimana belinya biasa nya yang nyediakan di toko apa terus yang k tiga sama dimana beli nya dan berapa harga nya….hatur nuhun di antos balesan na upami tiasa langsung k email saya aja

  133. Wah, tips yang menarik…
    Saya juga ada software untuk mencetakr kertu pelajar/ Kartu Perpustakaan dan KTA Pramuka, juga suport untuk catak mirror image sehingga cocok untuk membuat kartu pelajar dengan media kertas PVC.

    http://deny-zulisetiawan.blogspot.com/2012/07/software-untuk-membuat-kartu-pelajar-i.html

  134. Nice Info gan….
    mampir juga gan di Blog ane
    Jwaluyo Mata Langit

    • makasih ya dah mampir, oke Insya Alloh nanti nyempetin deh hehe :)

  135. Gan numpang ngerepotin, saya dah pake ir230 tinta art paper kata penjualnya, seandainya tintanya saya ganti sama tinta ori epson yanh buat L800 itu, gimana menurut agan ? Hatur nuhun sateuacana

    • wadoh saya belum mengubah tinta neh, jadi belum ada jawaban, demoga ada temen2 ada yang sama pengalamannya ya hehe. Dulu saya pake berganti2 tinta, sampe akhirnya rusak printernya hehehe

  136. Kekuatan tinta ori epson sama tinta art paper bagusan mana gan ?

    • tinta pigment 100 ml di malang 65rb , kalo tinta artpaper 125 rb, untuk ID card cukup pakai pigment aja, hemat dan sama2 tak luntur, tinta pigment bisa dipakai untuk print art paper tapi hasilnya tidak maksimal

      • sip, terimakasih bantuan solusinya hehe :)

    • wah belum pernah dites juga neh, gimana ya jawabannya hehe. Kalo menurut saya, yang ori sudah disetting sedemikian rupa sehingga klop dengan printernya hehe. Yang jelas kalo Art Paper memang spesial untuk jenis kertas ArtPaper, yang ori sepertinya belum disett utk jenis Art Paper deh :)

  137. salam agan2 n suhu2, kalo yg pvc yg standard ATM belinya dimana ya? kalo yg banyak di pasaran tebalnya kan 0,76 mm, kalo ATM kayanya lebih bs skitar 0,9 atau 1 mm? mohon petunjuknya suhu

    • Standart kartu ATM adalah 0,76mm dengan jenis magnetig Hi-co

  138. thanks banget sob . . . . . . :D

  139. salam…biar id card tidak luntur dbarcodenya, memakai kertas dan tinta apa? sy sudah mencoba dgn krtas PVC blue print dan tinta aurora…tp hasil cetak dbarcode lama-lama mjd luntur

    • seharusnya bagian depan dan belakang kertas sebelum di press dilapisi dengan overlay sealcoat dan barcode menggunakan mesin print id KALO kalau mau jasa barcode saya bisa membantu

      • sip :)

  140. Punten kang, Pesan Kertas PVC ID aja bisa teu ??? Berapa Harganya (Kalau bisa + ongkos kirim ke Pontianak) ? (NB. Untuk 1000 Kartu)
    HP : 085750179504 a.n Uki, Harga Mesin Plong ???. Hatur Nuhun

    • (sudah dibalas via sms :) )

  141. kang saya mau tanya mesin press heater brapa ya kang ??
    truss PVC’a kira” brapa ya kang..??

  142. kang di bandung toko anu lengkap alat2 percetakan, sim kuring peryogi PVC, Mesin pemotong, tinta pigment, terus laminasi dingin anu bergaris naon namina? kang email keun pangaos mesin ptong ID CARD nya….

  143. oh ia pami merek mesin potong ID card anu tahan lama merk naon kang? Htr Nhn

  144. cara setting page di corel biar bisa cetak 10 ID card gimana? atos di cobi tadi malam, tapi di korel mah cuma cukup 8 id card @ 4 ID card. kalo sepuluh mah kepotong’

    • punten baru dibuka. Buat desain dgn ukuran 8,6cm x 5,6cm. Udah, direpeat aja jadi 10 bh, masuk da. Ukuran IdCard kan 8,5 cm x 5,5cm, jadi ada toleransi 1mm

  145. Mas daerah surabaya tempat beli Bahan PVC ID Card Warna Gold dimana..?? atau d tempat bapak ada dan jualan..??

    • Gold sama Silver agak susah sekarang nyarinya hehe, di saya tidak ada :)

  146. ass kang..lams knal ti abi urang subang..
    numpang naros kang..
    abi kn teu tiasa corel draw..lmun ngprint di phtoshop stelah id card slesai gmn ya??spy ga lieur jadi nya,,,soal nya pas dh di cetak teh ti balik wae euy..
    di antos kang info na..
    haturnuhun…

    • dibalikeun weh file na (mirror), atau pada saat ngeprintnya kalo ada pilihan mirror pilihlah..
      enakan di corel ;)

  147. Mau pesen pvcnya kirim ke makassar, berapa? itu ukuran A4 apa F4? SMS aja ya ke 085242303077 :) Makasih :)

  148. mohon bantuannya kang..
    saya mau tanya harga Mesin Plong ID Card & Mesin Press (laminating).
    Trus belinya dimn ya?? kalau bisa mnt alamat & no telp nya..
    makasih ya kang..
    mohon bls ke email:

    • sudah ada 8 penanya tentang hal yang sama, diantaranya sudah saya jawab lengkap :) ** ctrl+F, keyword: ‘mesin plong’ **

  149. punten kang ngiring ngalangkung.
    meni teu bosen bosen abdi ameng wae di blog ieu. tapi teu aya wae nu nyuguhan. heheheheheh.
    hatur nuhun pisan kang tips tips na. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR. MERDEKA

  150. pagi..
    ka, q print canon ip2700, lw aya ngeprint hasilna kabur atau putus2 gtu, lw tinta bru diisi,
    gmna cra mngatasina ka?

  151. Bos ane bth mesin ptin yg bisa cetak bahan pvc untuk buat id card dan kartu parkir.kalo ada yg secound tlong bls ke email sya.saya beneran butuh.tapi yg warna cetskanya gk gampang pudar ya.tlng bls

    • maaf kang mau nanya kalau bikin hantag bisa g

  152. Assalamu’alaikum. , ane mau tanya kalau mendapatkan transfer paper yg ukuran A3 , dimana yah?
    , atas perhatiannya. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada antum dan ana.
    Wassalam

    • ..transfer paper ukuran A3 mah saya belum pernah beli, jadi tidak tau dimana adanya :). Coba tanya2 ke toko kertas :). Punten ya :)

  153. assalamu’alaikum terima kasih atas ilmunya kang, mudah2an barokah….Aamiin

  154. kang, kalo order id card bahan gold, 2 muka berapa? minimum order nya berapa?

  155. Terima kasih kang udah di share tips untuk menctak id card nya…
    untuk tips tips yang lain, bisa di share juga dunk :-)

  156. Kang mau ninya nih, hasil ID Card digital kok buram yah ada solusi nggak yah? saya pake tinta pigment printer epson L110?

  157. saya mau tanya harga Mesin Plong ID Card, Mesin Press (laminating) dan Bahan ID Card (PVC).
    Trus belinya dimn ya?? kalau bisa mnt alamat & no telp nya..
    makasih ya kang..
    mohon bls ke email:
    maleoanoa@gmail.com

  158. Mau tanya bos..kl pakek print canon biar tahan lm pakek tinta apa bos?

    • Tinta tidak mendasari bahwa printer itu harus tahan lama. yang terpenting itu perawatan sama printer. kalo gan kepengen tahan lamanya pada kertas yang di cetak (contoh kertas photo) gan alangkah baiknya pake tinta yang Refill. itu bagus. soal ketrij. saya lebih baik beli ketrij yang baru ketimbang harus memakai ketrijnya yang asli.

  159. cara setting ukuran kertas pvc 20x30cm di t13x gimana ya?

  160. maaf kang admin,,,
    setau saya tinta pigtment itu ada dua macam (bahan dasarnya)
    ada pigment dye base dan ada pigment oil base / bahan dasar minyak
    nah yang akang pake sekarang ini, jenis pigmen yang mana??
    pigment dye base atau pigment oil base??
    nuhun kang, pami tiasamah walerana diemailken

    saya pun sedang merintis usaha serupa di daerah banjar – jabar
    sementara pake tinta dye base ink anti uv keluaran fastprint

    tapi daya tahannya masih dipertanyakan, khususnya untuk keadaan outdoor :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: