Penting Sebelum Naik Cetak

25 Januari 2009 pukul 02:20 | Ditulis dalam Tak Berkategori | 3 Komentar

hitam diatas putihMencetak sesuatu sama halnya seperti mencukur rambut atau memahat kayu. Artinya tidak mungkin bisa diulang atau meralat suatu kesalahan apabila sudah naik cetak. Kalau masih memungkinkan pun pasti harus mengubah dari awal (desain), dan itu perlu biaya besar. Maka disini kita dituntut untuk ekstra hati-hati, terlebih jika perkiraan keuntungan tidak melebihi dua kali lipatnya, jelas proses produksi tidak bisa diulang.
Hal penting yang perlu diperhatikan:
1. Desain: ukuran, content, layout, semua harus diteliti ulang berkali-kali sampai si konsumen puas.
2. Buat dumy (contoh hasil cetakan sebagai gambaran), karena kalau dicetak 1 eksemplar tidak akan mungkin
3. Buat kesepakatan dengan konsumen semua yang berkenaan dengan pesanan, mulai dari desain, ukuran, harga satuan, cara pembayaran, cara pengiriman, dan jaminan.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Nanya lagi…sy pernah meminta percetakan utk membuatkan Progresive proof,tp proofing dilakukan oleh pihak lain. Yg menjadi pertanyaan sy apakah hasil proof td bisa dijadikan acuan, sedangkan artwork akan dicetak pd mesin misal SM52. Bagaimana dgn konsistensi warnanya ?

    Salam
    Avika

  2. Hi.Mau nanya donk saya khan bikin design brosur di Adobe indesign CS3 cuma gimana nanti bikin filmnya biasanya khan saya bikin di illustrator jadi ada brosur panjang terus ada lipetan dan potongannnya soalnya saya baru di indesign minta pencerahannya donk thanks ya.

  3. to Mas Syaf..
    Pake Indesign saya belum pernah, ada sih cuma belum pernah dipake. Saya rasa prinsipnya sama saja, tinggal nanya ke si pembua film, ada Indesign tidak.
    Untuk lipatan dan potongan, saya rasa film sudah jadi pun tidak masalah, bisa dibuatkan di Corel, karena perlu garis yang presisi/ akurat untuk membuat lipatan/potongan (untuk pond)
    Mohon maaf nih, ilmu saya juga masih sangat minim, he3x..


Tinggalkan komentar


Entries dan komentar feeds.