Ukuran Kertas & Area Cetak

30 Juni 2008 pukul 03:28 | Ditulis dalam Tak Berkategori | 78 Komentar

Bagi para ‘pemula’ seringkali terjadi kesalahan dalam pengukuran film, sehingga berdampak pada saat persiapan percetakan. Ini berawal dari kesalahan pembuatan ukuran desain, misalnya desain di CorelDraw. Bagi yang baru memakai aplikasi ini terkadang karena ketidaktahuan tidak memperhatikan tampilan 100% desain yang telah dibuat. Kesalahan ini mengakibatkan ukuran film tidak sesuai (misalnya ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil) maka mesin cetak yang dipakaipun akan lain. Dampak lain adalah pada jumlah cetak untuk satu plano. Misalnya, seharusnya perkiraan dalam 1 plano akan dibuat 12 buah cetak, karena salah perhitungan yang terjadi adalah kurang dari jumlah seharusnya, dan banyak lagi dampak lain yang berujung pada pembengkakan biaya produksi. Berikut ini kami sampaikan tabel ukuran kertas, area cetak dan masing-masing mesin yang dipakai (dalam satuan centimeter):

  1. Mesin: GTO46 (38.1x 35.71), Ukuran kertas: 32 x 46, Area Cetak: 31 x 45
  2. Mesin: GTO52 (40 x 51), Ukuran kertas: 36 x 52, Area Cetak: 34 x 50
  3. Mesin: SOR M (61.5 x 72.4), Ukuran kertas: 52 x 74, Area Cetak: 51 x 72
  4. Mesin: SOR D (71.5 x 91.5), Ukuran kertas: 71.5 x 91.5, Area Cetak: 70 x 90
  5. Mesin: SOR S (77 x 103), Ukuran kertas: 70 x 100, Area Cetak: 69 x 98
  6. Mesin: OLIVER58 (51 x 57), Ukuran kertas: 44 x 58, Area Cetak: 42 x 56
  7. Mesin: OLIVER52, Ukuran kertas: 36 x 52, Area Cetak: 34 x 50
  8. Mesin: OLIVER46, Ukuran kertas: 33 x 48, Area Cetak: 32 x 47
  9. Mesin: OLIVER72, Ukuran kertas: 50 x 70, Area Cetak: 48 x 68

Sebagai panduan, 1 plano berukuran 79x109cm = 8611.

Contoh; ukuran film 35x30cm, akan dibuat 500cetak. Maka jumlah kertas yang diperlukan adalah: 8611/(35*30) = 8611/1120 = 8.2. Artinya 1 plano akan terbentuk sebanyak 8 buah cetak. Sehingga apabila diperlukan 500 cetak, maka diperlukan kertas sebanyak 500/8.2 = 60.9 atau 61plano. (aliya)

About these ads

78 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. pakai software cutMAX saja, (www.icetak.com)
    hitung lebih CEPAT, Hasilnya MAKSIMAL

  2. ada tuh plano yg lbh kecil, ukurannya 65x100cm.. bwt yg dsain ga ngabisin (baca: buang) banyak kertas ukuran ini lbh oche.. salam

  3. nah itu mungkin lebih baik. Prinsipnya ukuran desain bisa disesuaikan dengan ukuran kertas bahan, jika lebih optimal ukuran itu, ok juga. Thx info-nya ya ;)

  4. trims bgt nih info ukuran kertas n jenis mesinnya, sy sering berurusan dgn bikin ini itu tuk kebutuhan materi promosi, khususnya unt perhitungan biayanya…permisi om sy copy ya sebagai arsip/dokumen..thanks..oh ya tntang pembiayaan diulas juga dong..makasih lagi..sukses

  5. @ wan

    sama2, syukurlah bila bermanfaat. Salam buat keluarga..:)

  6. Mau tanya berapa yah ukuran ukuran kertas buat bikin undangan dan berapa mili untuk potongan kertasnya…. Trims yah buat yang jawab semoga masuk surga…

    • to Must Rudi
      di tempat.
      Wakakakakak, makasih do’a-nya.
      Undangan itu macam2 ukurannya. Maka untuk mengetahui berapa cm harus dipotong, undangan tsb harus diketahui dulu panjang kali lebarnya.
      Cara memotong, prinsip teorinya seperti yang saya ungkapkan pada artikel di atas. Dan perlu diketahui juga jenis kertas yang dipake, biasanya ukurannya berbeda.
      Seandainya ukuran kertas bahannya 79 x 109cm, teori di atas berlaku.
      Biar tidak bingung, saran saya mending ditanya langsung ke tukang potong kertas, biasanya mereka cepat memahaminya.
      Untuk potongan kertas, saya belum bisa nangkap maksudnya, apakah sisa buangan kertas atau bekas potongan pisau..? Kalau buangan kertas, nanti kelihatan setelah dipotong, istilahnya ‘struk’. Kalau bekas potongan pisau, tentu tidak ada sisanya, karena tugas pisau adalah membelah kertas, tidak sama dengan menggergaji, biasanya ada serbuk hasil dari potongan (geram). Tapi kalo ukuran toleransi untuk potong pisau, tambahkan saja 2mili dari ukuran asli, biar hasil potongannya rapih.
      Ok, mudah2an jawabannya tidak puas, sehingga bisa dicari jawaban yang lebih tepat lagi. Makasih ya.. ;)

  7. m tny tmpt jual mesin offset /digital murah dmn….harga cetak termurah dmn…….lowiongaan design graf jagi besar dmn….. tnks dr soni d dpk dr d3 grafika

  8. @ Soni
    wah3x sepertinya harus survey dulu Must, kebetulan semua pertanyaannya belum bisa jawab. Sebagai bahan referensi, biasanya yg jual barang murah itu jikka berada di lingkungannya, yaitu di tempat yang banyak terdapat jenis barang, karena pasti bersaing, beda jika seseorang menjual barang di tempat yang tidak ada pesaingnya pasti mahal.
    Mohon maaf ya Must, mudah2an jika suatu saat saya menemukan informasi yang dimaksud bisa disampaikan. Terimakasih atas kunjungannya, salam buat keluarga :)

  9. mas saya mo tanya nich
    kelebihan dari mesin diatas apa ya selain area cetak
    misalnya hasil gamabarnya lebih tajam yg mana
    trimaskasih

    • ya seperti itu lah kira2 (he3x). Menurut saya, lebih tepatnya coba saja dulu, nanti kita akan dapat menyimpulkannya sendiri. Bisa nanya2 ke percetakan, jenis mesin apa yang hasil cetakannya bagus… ;)

  10. makasih ya kang udah di jawab

  11. permisi, newbie mau tanya2 nih.
    sy berencana mo buka usaha percetakan sederhana. sy mau mencetak bon tiga rangkap sebagai sample. alat apa2 saja yang harus sy beli? sy sudah punya kompi dan lumayan dalam Corel & Photoshop.
    sy pernah melihat teman sy yg membuka usaha percetakan membuat cetakan bon 2 warna pada kalkir. apa nama mesin yang mengunakan kertas kalkir tersebut sebagai cetakannya? berapa kisaran harganya dan harga kertasnya.
    trims sebelumnya. maaf klo pertanyaan sy sangat basic. :)

  12. @grave85
    1. Kertas rangkap yang dimaksud istilah/namanya adalah NCR, dunia percetakan pasti mengenalnya. Rata2 sudah jual dalam bentuk rim folio. Tapi untuk kebutuhan dalam qty besar, bisa beli dalam rim besar, agar harganya jauh lebih murah. Perlu diperhatikan bagian2nya, ada yang Top (hanya memberi karbon di bawahnya), Middle (memberi juga menerima karbon di/dari atas/bawahnya), dan Bottom (hanya menerima karbon dari atasnya). Jadi kalau dua rangkap, cukup beli Top dan Bottom saja.
    2. Alat2 yang perlu dibeli (untuk kebutuhan itu, selain komputer), scanner (untuk mempermudah desain), printer laser (untuk cetak kalkir). Ingat, setelah cetak di kalkir, berikutnya perlu ditransfer ke plat alumunium (silahkan tanya ke percetakan), atau juga bisa menggunakan plat paper (untuk qty minimum) agar biaya bisa ditekan. Saya sarankan untuk jenis Repeat Order (order berkelanjutan) sebaiknya pakai plat alumunium.
    Mengenai mesin cetak yang sesuai dengan kebutuhan itu, istilahnya Mesin Toko (kemampuan maksimum ukuran folio). Untuk harga barunya saya tidak tahu, saya pernah cari informasi untuk yang 2nd harganya kisaran Rp.35jt. Mohon cari juga informasi di sumber lain, siapa tahu ada yang lebih murah dan bagus.
    Sementara itu dulu ya, semoga tidak puas, agar Anda bisa cari informasi yang lebih akurat lagi, he3x.. ;)

  13. maaf saya mau tanya membutuhkan berapa plano dan menghasilkan berapa lembar bila kertas yang akan dipotong ukurannya 33cm x 14cm???trimaksih

    • @gatot saptoro

      Langsung ya. Secara teori, diatas juga sudah jelas. Ingat, secara teori lho ya, kita belum memperhatikan kertas lebih dan posisi memotongnya. Artinya begini, kertas lebih bisa juga kalo disambung2in bisa dijadikan ukuran yang kita mau bahkan bisa berlebih. Tapi khan tidak mungkin kita menggunakan kertas sambungan (semoga Anda mengerti apa yang saya maksud :) ). Atau posisi potong juga bisa pengaruh, misalnya kalau kita memotong secara potrait, mungkin lebih banyak dihasilkan dibanding landscape atau kebalikannya.

      Untuk kasus ini, saya akan beri gambaran/ penyelesaian secara essay, begini:
      Plano = 79 x 109 = 8611
      custome = 33 x 14 = 462
      jadi, Plano / Custome = 8611/462 = 18.6 = 18 lembar

      Padahal kalo kita perhatikan, begini:
      a. Panjang plano dibagi Panjang Custome
      atau 109/33 = 3.3 (jadi 3 buah, sisa 3cm) panjang
      b. Lebar Plano dibagi Lebar Custome
      atau 79/14 = 5.6 (jadi 5 buah, sisa 6cm) lebar
      Kalau (a) x (b) = 3 x 5 = 15 buah (ukuran 33 x 14cm), sisa p=3cm l=6cm.

      Bisa saja kita acak pembagiannya (artinya kita sedang menentukan posisi potong), tapi untuk kasus ukuran ini kurang maksimal. COba saja : 109/14 dan 79/33, lalu hasilnya kalikan seperti contoh. Hasilnya paling jadi 14 buah.

      Mudah2an jawabannya tidak puas, sehingga bisa dicari jawaban yang lebih akurat lagi. Ok, makasih ya :)

  14. nanya kang, di artikel sebelumnya yang saya baca, kalo ukuran film mis: 33x14cm maka perlu ditambahkan 1cm keliling jadi ukuran kertas yang diperlukan menjadi 34x16cm. sedangkan pada penjelasan diatas antara uk. film & uk.kertas sama persis. tolong pencerahannya ya. nuhun

    • Makasih pertanyaannya.. ;)
      Ooo itu..? Teori di atas sekali lagi itu adalah penyelesaian secara teoritis, untuk menentukan berapa potong jadinya dalam satu lembar bahan plano, sehingga nanti akan diketahui apabila akan mencetak qty sekian, harus beli berapa lembar bahan. Tentu saja pada kenyataannya harus dilebihkan. Makanya saya tampilkan juga untuk area cetak dari masing2 jenis mesin, sehingga apabila kita men-setting sebuah design ukurannya berada di area masing2 mesin yang kita maksud.
      Adapun untuk memotong hasil akhir cetak, tentu saja dalam memotongnya tidak mungkin (kemungkinan besar tidak akan) diluar design, selain hasilnya tidak rapih, hasilnya ntar ada garis putihnya donk.. (mudah2an kebayang) ;)
      Untuk itu, apabila konsumen menginginkan hasil presisinya sekian cm dikali sekian cm, maka hendaknya ditambahkan sedikit saja, biasanya tidak akan lebih dari 1cm kok.
      Tentu saja tidak bisa diterangkan seluruhnya dengan teori, karena ada beberapa hal yang sangat teknis, misalnya untuk bentuk lipatan lebih dari satu, bagaimana ukurannya biar antar lipatan sama persis ukurannya.
      Saya rasa hal2 demikian akan ketemu di pengalaman, he3x.
      Punten kalo jawabannya kurang mengena, hatur nuhun sudah mampir.. :)

      • Nuhun kang jawabannya.. saya ini masih dangkal pengalaman cetaknya, masih berhitung secara teoritis aja. Mudah2an semakin sering saya kesini akan nambah ilmu cetak dari yang sudah berpengalan yang nantinya bisa dipraktekkan.

  15. Maap mau tanya, kalo mau cetak yang murah dan kualitasnya bagus daerah mana yach?

    • Ade berada di mana?
      Kalo di Bandung, coba di sepanjang Pagarsih.
      Murah dan bagus mah harapan semua konsumen. Kalo mesennya banyak mah dimana2 pun bisa murah ;)
      Dicoba saja dulu, survey dan banding2in harganya he3x..

  16. mo nanya kang ukuran minimal kertas buat buat mesin gto 52 berapa?

    • ukuran maksimum 36 x 52cm. Untuk ukuran minimum sebaiknya ditanya langsung pada operator mesinnya, biasanya yang lebih banyak pengalaman justru operator :). Hanya saya pernah mencetak amplop (standar), masih bisa dicetak di GTO52, dan hasilnya bagus, padahal separasi (full color).

  17. Numpang copas buat blog saya ya. Thanks.

    • boleh2, he3x. asal bahagia .. :)

  18. pak kalau mau cetak buku ukuran jadi 21 x 15 cm full colour,bolak balik, isi 24 halaman art paper 120gram enaknya pake mesin apa trus naik berapa kali

    • Menurut saya, ukuran itu bisa masuk dua halaman di ukuran folio. Untuk menggunakan bahan AP (ukuran 79 x 109) bisa dibagi menjadi enam buah masing2 35,62 x 39,38cm. Dari 6 bagian tsb bisa masuk 8 halaman sekaligus (4 pasang hal), hati2 cara bolak-baliknya.
      Untuk kualitas bagus sebaiknya minimal di mesin GTO52. Pertimbangkan juga budget dan qty-nya.

  19. pak saya mau tanya,kalu cetak undangan bahan art paper full colour bisa nggak kita kirim ke tempat bapak karena kita sering dpat order undangan seperti itu sering kita tolak karena nggak tau mau dibuatkan kemana.atau kalau kita mau buat sendiri gimana caranya. mohon infonya berapa harga dan cara nya gimana.

    • Maaf baru dibalas.;)
      Boleh2 saja. Hanya ingat teorinya, kalau fullcolor (separasi) memerlukan 4 film dan plat (CMYK), dan tentunya imbasnya ke harga. Kalau qty minim banget, bisa dengan diprint saja, kualitasnya sama dengan mesin percetakan, karena bisa difinishing glossy atau doff. Lebih detail bisa via email saja ok..

  20. pak maaf boleh saya meminta price list dari produk percetakannya,melauli email saya.saya sedang membutuhkan informasinya, saya membuka usaha percetakan didaerah cianjur terimaksih.

    • untuk waktu dekat terus terang saya belum bisa, belum sempat mendokumentasi kembali file2nya, lagi proses pindah alamat neh, jadi masih banyak yang perlu dibenahi, he3x. Tapi silahkan kirim saja dulu permintaan ke email saya.. ;)

  21. email saya kamal_energi@yahoo.com

  22. saya juga bisa minta price list .. agungnurman@ymail.com

  23. Siang Mas..
    bisa minta price list harga, kebetulan br dpt order 1500 undangan ukuran 25x20cm bolak balik jadi sekitar 3000 cetakan, full colour finishing doff, jd kira kira berapa harga untuk cetak tsb smua??
    di tunggu dengan sangat balasannya karna mau kejar tayang..
    makasih banyak mas..

    • ..jawabannya sudah via e-mail ;)

  24. pak..tlg sy dikasih emailnnya dan no tlp…spy sya bisa konsultasi secara cepat dan akurat. semoga tdk keberatan untuk memberikan ilmunya sehingga bs masuk surga..amin..
    oya tolong send via emailnya ya pak…maturnuwun.

    • ..tinggal lihat di halaman Profile di atas, he3x..

  25. trimakasih atas infonya ms…

  26. siang mas,

    dimana bisa download free (beneran free) software cutmax?
    tapi kalau mesti beli, berapa sih dan dimana?

    ditunggu balasannya. tq

  27. permisi para bapak/ibu/mas/mba sekalian..

    saya lagi penelitian ttg pengaruh kertas dan mesin terhadap kualitas cetak, dan saat ini saya sedang mencari2 bahan untuk referensi berupa penelitian (yang dilakukan sebelum saya), atau pun berupa jurnal2 international…

    jadi saya mau minta tolong nih ama rekan2, mohon bantuannya kalo ada yang punya,,,,, )dikejar dedline juga, jadi minta tolong sini sana..) hehehe…

    makasih rekan2 sekalian..

  28. maaf saya mau tanya membutuhkan berapa plano dan menghasilkan berapa lembar bila kertas yang akan dipotong ukurannya 25cm x 18cm???trimaksih

  29. oh ya, trus kira2 brp kan ukuran cetaknya?

  30. maaf saya mau tanya2 dulu,
    kalau saya mau cetak packaging yg polanya rumit dcutting bs dlaser cutting ngga ya ? kalau saya bikin film sm plat d a0 gmn ? atau ada ukuran maksimal lain ? finishingnya jg pake tambahan gt kalau bahannya dari saya . penempelannya harganya brp ya ? atau boleh minta list harganya ngga ? hehehe . terimakasih .

  31. Mau nanya
    gimana sih canya ngitung NCR seperti rangkap 2, rangkap 3, 4 dan 5.
    Metode hitungnya gimana mohon masukan soalnya ada orderan gak bisa ngitung secara pasti

    makasih banget

    • ..seperti yang sudah saya jawab atas pertanyaan yang sama, bahwa saya menggunakan hitungan sendiri, saya pun belum tau cara menghitung yang sebenarnya seperti apa he3x.. Saya hanya berperinsip bahwa ini adalah ‘jualan’ ya harus untung ;)
      Pada perinsipnya saya mengkalkulasikan semua pengeluaran yang dibutuhkan dalam proses produksi hingga finishing, (berarti di dalamnya ada perhitungan harga NCR rangkap 2, 3 dst, sehingga terlihat perbedaan total biaya produksi antar jumlah rangkap), nah barulah penentuan penambahan persentase keuntungan, inipun ngitung sendiri, selama konsumen berani dengan harga itu ya udah dilanjut sajah, he3x..
      Semoga ada jawaban yang lebih tepat ya, hapunten kakiranganna ;)

  32. mo nanya neh Untuk mesin Ryobi 500 ukuran minimal kertas brp ya? apakah ukr 16×31 bs masuk?

  33. Salam kenal, saya pemula di percetakan, masih banyak info yang ingin saya pelajari,
    ada berapa hal yang ingin saya tanyakan,

    Ukuran kertas yang beredar dipasaran ada berapa macam ukuran ?

    Saya sedang cetak buku, ingin murah, beli kertas sendiri
    ukuran yang diminta percetakan ada 2 pilihan :
    – 79 x 109 cm = 54 Rim
    atau
    – 61 x 86 cm = 108 Rim

    Kalo kita beli kertas, ada berapa ukuran sih di pasaran
    apakah ada ukuran lain selain diatas ?

    Saya cari di wikipedia, istilah plano tidak ditemukan,
    sebenarnya istilah dari mana ?
    plano itu satuan luas ? seperti halnya 1 m2 = 100 x 100 cm ?

    seperti yang dibahas diatas 1 plano = 79 x 109
    tapi ada juga 1 plano = 65 x 100 menurut comment zen,
    apakah ada 1 plano lainnya selain dari kedua diatas ?

    Orang tua saya memang berkecimpung di percetakan & design grafis,
    sudah lebih dari 30 thn.
    tapi sudah almarhum, nyesel ngak belajar nih… :-(

    • …sebelumnya perlu diketahui lagi berkali-kali bahwa saya juga belum ahli, masih belajar, otodidak malah, dan saya selalu menyarankan untuk mencari referensi yang lebih akurat, ok :)
      ..untuk pertanyaan ini, yang saya ketahui saja ya :)
      istilah plano banyak digunakan di dunia percetakan, untuk kata asli nya apa saya juga tidak tahu. Di dunia percetakan menggunakan istilah-istilah yang kadang bukan semestinya, tapi akan nyambung bila digunakan sepertihalnya istilah UV (UltraViolet), istilah ini sudah biasa dipakai di dunia percetakan yang artinya adalah jenis laminating glossy. Istilah lain misalnya BBS, atau Bolak Balik Sama, he3x.. Plano digunakan untuk kertas yang belum dipotong/ masih bahan. Ada plano kecil (65 x 100cm), ada juga plano besar (109x 79cm), semua ini istilah dalam percetakan..
      Untuk mengetahui berapa jenisnya ukuran kertas, sepertinya lebih tepat bila ditanyakan langsung pada penjual kertas, ini akan lebih akurat jawabannya :)

  34. Sesuai topik diatas,

    Saya sedang cetak buku, menggunakan mesin Heidelbeg SORD,
    Kertas yang diminta ukuran 79 x 109, Sebanyak 54 Rim

    Setelah baca teori diatas, ukuran kertas untuk mesin SORD
    adalah 71.5 x 91.5 (ukuran cetak 70 x 90)

    yang ingin saya tanyakan apakah wajib harus dipotong 71.5 x 91.5,
    apakah ukuran tersebut ukuran maksimal atau bisa lebih kecil ?
    untuk mesin SORD ? atau bisa ukurang lain, seperti printer inkjet / laser
    kertas dipotong sesuai kebutuhan ?

    Saya kurang ngerti dengan jenis mesin cetak
    kalau printer laser / inkjet, ukuran maksimum Letter.
    tapi bisa print dengan kertas A4, atau ukuran lain yang lebih kecil

    Bagaimana dengan mesin cetak ?

    • …sebelumnya perlu diketahui lagi berkali-kali bahwa saya juga belum ahli, masih belajar, otodidak malah, dan saya selalu menyarankan untuk mencari referensi yang lebih akurat, ok :)
      ..untuk pertanyaan ini, yang saya ketahui saja ya :)
      Setiap jenis mesin cetak, menunjukkan maksimal kemampuan area cetaknya, bukan minimalnya. Dengan kata lain ukuran kertas yang lebih kecil dari mesin itu tentu bisa dicetak, iya kan, donk,,, heuheu..
      Jadi bila akan mencetak, lihat ukuran desain lalu cocokkan desain maksimal ke mesin mana yang lebih cocok. Jika kecil/ masuk ke semua jenis mesin ya silahkan saja, berarti bisa dilakukan.. (untuk kelemahan/kelebihan masing2 mesin yang lebih hafal biasanya operatornya sendiri, misalnya jenis kertas AP lebih cocok di GTO ketimbang SOR M, krtas tipis lebih cocok di SOR M dibanding GTO dll).
      Jadi untuk ukuran kertas tentu saja lihat maksimal ‘masuknya’ ukuran kertas tersebut ke mesin itu berapa, kalo ukuran lebih kecil mah sudah jelas bisa masuk.
      Amplop biasa saja bisa dicetak di mesin GTO 52, saya pernah melakukannya, hasilnya bagus, padahal separasi (full color) ;)

      • GTO 52 pasti lebih maksimal, apalagi klo OP nya berpengalaman….
        Tapi klo untuk amplop/Kop surat pake mesin Gestender juga ok (Sparasi) asal OP nya bagus… ^_^

  35. saya mau cetak ukuran kertasnya 44 X 56 kira-kira butuh berapa lembar plano yang saya butuhkan untuk oplah 1350

    • ..jika ukuran yang diinginkan 44 x 56cm, maka setelah dihitung ke plano kecil, cuma jadi satu buah, kelebihan lebar sekitar 31cm. Kalo ke plano besar (109 x 79cm) cuma jadi dua lembar dengan kelebihan ukuran : dua buah ukuran 44 x 22cm dan satu ukuran 20.7 x 79cm. Ya kalo pake plano kecil berarti harus beli sebanyak 1350 lembar, kalo pake plano besar berarti 675 lembar (belum dilebihkan) :)

  36. mas tolong ditambahin mesin2 lainnya….
    Riyobi
    Hamada
    dll nya….
    please

  37. jenis mesin apa yang murah tapi lebih disukai produksinya mas

  38. terima kasih sharingny.

    untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pemotongan kertas plano, bisa juga menggunakan software Plano dari http://henrywae.com/bagaimana-memotong-kertas-plano-untuk-percetakan.html

    Aplikasi yang bagus menurut saya :)
    menghemat waktu dibandingkan membagi secara manual

    • sip :)

  39. Kang, mau tanya tentang UV dari proses ngedesain sampe jadi kang,..
    cara ngitung harganya juga gimana ya kan… aturnuhun

    • UV dan Glossy, mirip, jauh lebih murah UV. Kalo Glossy jenis laminating dengan lapisan mengkilap, sama sepertihalnya doff, tapi marnanya tidak mengkilap dan biayanya jauh lebih mahal doff. Kalo UV semacam vernis (ini kata tukang laminasi, hehe)
      Untuk perhitungan Glossy kalo nggak salah : P x L x n x 0.08 , kalo hasil kali nya kurang dari biaya minimum, maka masuk biaya minimum. Untuk lebih jelasnya bisa ditanya langsung ke tukang laminasi :)
      Ah UV mah lebih murah weh pokona mah, perhitungannya belum tau neh.. heuheu :D :D

  40. ijin…ngunduh ya pak… terima kasih, moga manfaat untk kelancaran bisnis cetakan..

    • amiiin hatur nuhun, semoga sama2 sukses ya kang :)

  41. makasih sangat infonya kang
    insya Allah bermanfaat bagi kami ..

    mengenai informasi harga,
    kami juga menyediakan kerjasama cetak lintas nusantara ..
    Cetak Murah Jogja
    http://www.transmediajogja.blogspot.com
    085739516973 (candra)
    numpang promo ya kang ..

    • sip, nuhun informasinya :)

  42. terimakasih atas infonya , Maaf sedikit menambahkan untuk perhitungan kertas : sepertinya dibulatkan ke bawah, misal kita mau cetak 500eks ukuran filmnya 35X44. Kertas Plano ukuran 79X109. Jumlah kertas yang diperlukan : 8611/(35×44) = 5,59 dibulatkan menjadi 5 (1 plano dapat 5 kertas) Sehingga apabila diperlukan 500 cetak, maka diperlukan kertas sebanyak 500/5 = 100 plano (jika perlu dilebihkan untuk insit). terima kasih

    • sip, sangat berarti sekali kang. Memang tutorial yang saya sampaikan ini betul2 sangat sederhana dan sebatas secara matematis saja, secara realisasinya tdk disampaikan hehe. Makasih ya kang :)

  43. kalo mau beli pvc id card yang ukuran plano 1 rim dimana n harganya berapa?

    • kalo PVC, kebetulan saya belum pernah beli yang plano-an, jadi belum tau deh jawabannya, maaf ya :)

  44. It is generally called from the HTML in the web page BODY in response to an event, such as a mouse click.
    Some of the benefits which separate the layers
    include shared resources. Usually proper combination of such marketing techniques is useful in bringing in desired outputs.

  45. mau tanya boz..
    saya kebingungan,, ni ada pesanan kertas dosla untuk bungkus kebab, nah order 3 ukuran. 1. uk 20 x 20 / 2. uk.24×24 / 3.uk.30×30.satu warna… pakai mesin apa?….
    tolong bantuannya….

  46. kerjasama percetakan lintas nusantara
    GRATIS KONSULTASI HARGA CETAK

    http://www.transmediajogja.blogspot.com
    0274 9872333 / 085739516973

  47. gan ada yang ngerti gak percetakan di malang yang pake’ mesin sor s, ane mau nyetak ukuran 60×96

  48. Memang tutorial yang saya sampaikan ini betul2 sangat sederhana dan sebatas secara matematis saja, secara realisasinya tdk disampaikan hehe. Makasih ya kang :)
    Comment by Dry— 23 Juli 2013 #

    maaf gan, numpang komen..
    klo bisa memberikan yang benar, kenapa tidak ?

    Sebagai panduan, 1 plano berukuran 79x109cm = 8611.

    Contoh; ukuran film 35x30cm, akan dibuat 500cetak. Maka jumlah kertas yang diperlukan adalah: 8611/(35*30) = 8611/1120 = 8.2. Artinya 1 plano akan terbentuk sebanyak 8 buah cetak. Sehingga apabila diperlukan 500 cetak, maka diperlukan kertas sebanyak 500/8.2 = 60.9 atau 61plano. (aliya)

    ukuran film 35x30cm, berarti ukuran kertas harus lebih 1cm (keliling kertas), 1cm nya untuk tarikan mesin, jadi uk kertasnya = 37x32cm. untuk dibuat 500 cetak maka kertas yang dibutuhkan : 1 plano uk 79x109cm, cara menghitungnya, 79:37=2, 109:32=3 (atau sebaliknya) maka 1 lbr plano menjadi 6 lbr (2×3 dari hasil pembagian kertas, bukan luas). jadi utk butuh 500 cetak. bagikan saja 500:6=
    83.3 atau 84 plano. (catatan : hitungan PxL kertas, bukan hitungan PxL=Luas)

  49. mat siang bos.

    mau cari panjang kertas gimana bos.

    MISALNYA LINER UKURAN 113.5 X 75GR DAN BERAT 1 ROL 650KG

    TRIMS BOS

    • jangan bingung bos, tanya aja ke Toko kertas

  50. Kang mau tanya nich klo misalnya mau cetak buku dengan kertas ap, ukurannya 15x21cm, full color nah per bukunya itu ada sekitar 80 halaman. oplahnya sebanyak 400buku. nah kalo begini enaknya pake offset atau digital printing aja ya??
    soalnya klo pake offset full color berarti tiap lembarnya butuh 4 plat ya, mohon pencerahannya donk..
    sebelumnya terimakasih artikelnya dan jawaban-jawabannya bermanfaat banget…

  51. ada yg tau harga kertas art papert 120 gr perplano? minta referensi tempat tokonya ya sekitar surabaya hub. 08563366243


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: