Membuat Label Undangan

11 Agustus 2009 pukul 01:01 | Ditulis dalam Tak Berkategori | 8 Komentar

comp18Setelah Undangan siap, data yang akan diundang juga sudah diketik, terkadang masih jadi masalah kalau data2 tersebut belum dicetak di kertas label. Bagi yang tidak tahu caranya, tentu saja hal ini jadi masalah. Bisa-bisa manual cara membuatnya, atau bahkan mengerjakan orang lain dan tentunya bakal keluar lagi biaya.

Bagi yang belum mengetahui, mungkin tips ini bisa membantu. Setelah data orang-orang yang akan diundang diketik pada sebuah tabel (baik di MS Word ataupun di MS Excel, berikutnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut (MS Word 2003 atau 2007, jangan lupa siapkan penggaris dan kertas label standar No.103) . Mungkin ini cara dari sekian cara yang ada, artinya bila ini terlalu menjelimet, bisa pakai cara yang sudah Anda ketahui saja, khan beres, gak usah bingung2  ;) :

1. Buka File  Baru. Bisa lakukan dengan File, New atau icon New Blank Document atau juga Ctrl+N (pada saat sedang membuka file lain). Contoh bentuk tabel untuk data yang dibuat di MS Excel seperti ini:

 2.Untuk pengolah kata MS Word 2003, klik menu Tools, Letter and Maillings, Envelopes & Labels, pilih Labels, Options, Details. Untuk versi 2007 atau 2010 klik menu Mailings, Labels, Options, Details.

Nah di sinilah Anda sudah mulai mengukur kertas label dengan penggaris, mulai dari Top Margin (jarak label atas terhadap sisi atas label), Side Margin (jarak label kiri terhadap sisi kiri label), Vetikal pitch (jarak label atas terhadap bagian atas label di bawahnya/berikutnya), Label height (tinggi ukuran label), Label width (lebar ukuran label), Number across (jumlah label ke samping dalam satu lembar), Number down (jumlah label ke bawah dalam satu lembar). Untuk label yang No.103 jumlah perlembarnya 12 buah label, yaitu ke samping 3 dan ke bawah 4.

O iya, jika Anda menyukai ukuran dalam satuan cm, untuk MS Word 2003 lakukan ini: Tools, Options, General, Measurement units: pilih Centimeters. Kalo di MS Word 2007 lakukan ini: Office Button, Word Options, Advanced, lalu cari di bawah menu tersebut yang ada tulisan Measurement units, pilih centimeter:

3. Simpan nama label yang sudah diset tersebut, yang kemungkinan di lain waktu diperlukan lagi.

4. Pilih New Document (pada menu Envelopes and Labels) tadi, hingga muncul template label (berbentuk garis bayangan) sesuai ukuran yang telah diset tadi.

5. Untuk Word 2003 lakukan lagi: Tools, Letter and Maillings, Mail Merge wizard. Setelah muncul menu MailMerge-nya (biasanya sebelah kanan layar), ikuti petunjuk lainnya (Next) hingga menemukan kata Browse (pada Step 3 of 6).  Lalu cari file dimana Anda pernah menyimpan file yang berisi data2 yang akan diundang tersebut. Untuk 2007, cukup pilih Select Recipients (pada menu Mailings tadi), pilih yang kedua Use Existing List.

 6. Word 2003, ikuti saja perintah lainnya (Next saja) hingga muncul kata More Items (step 4 of 6). Kalo 2007, masih di menu Mailings tinggal pilih Insert Merge Fields.

7. Insert atau sisipkan field2 yang diperlukan, dan letakkan posisinya sesuai keinginan

8. Pastikan di setiap satu label terisi dengan field2 yang diperlukan tersebut, misalnya Nama, Alamat, Kota dll, dan pastikan juga di setiap akhir field pada masing2 label ada script Next Record-nya, agar setiap field diisi oleh data berikutnya. Lihat di Preview Results untuk melihat data hasilnya (isi data fields sebenarnya).

9. Selanjutnya di WS Word 2003 tinggal munculkan hasilnya di menu Mail Merge, pilih View Merged Data. Bila menu Mail Merge tersebut belum muncul, lakukan VIew, Toolbar, MailMerge. Untuk 2007 masih di Mailings, cukup pilih Merge & Finished.

10. Sudah. Tinggal print aja… Bila pusing berlanjut, hubungi saya, he3x.. Nuhun

About these ads

8 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. sekedar masukan aja, kalau tutorialnya pake gambar pembaca tentunya bisa lebih mengerti.
    !thanks

    • naaah ide bagus, makasih banget ah masukannya, sangat bermanfat :)

    • dan lebih fokus pada pokok pembahasan. jika memang 2003 ya bahas sampai tuntas, kaga usah melebar ke 2007 ataukah ke 2010 yg malah bikin bingung pembaca.

      thax

  2. Nuhun, ada sedikit masalah sdh aku coba tp hasilnya cuma 1 halaman (12 nama) yg lainnya gmana tuh caranya.

    • 1. penyebab utama yang menjadikan satu halaman adalah datanya harus banyak, lebih dari dua label.. Misalnya satu label ada 12 data, ya datanya harus lebih dari 12
      2. biasanya pas finishing, print to Document, ilih All, nanti file hasilnya menjadi Letter1.doc dst. Berarti ini akan dicetak versi dokumen, sebanyak datanya.
      3. Bila masih sama, silahkan sms ke no HP di Profil atau chat di YM: hendry2810 atau FB: http://www.facebook.com/kang.hendry

  3. gan,, mau tanya,, saya kan bikin undangan, dengan ratusan nama dan alamat.. menggunakan label 121.. tp koq pake mailmerge nya gak pas ya? terus taruh posisi next record dimana aja ya? mohon pencerahannya.. mks.. salam sahabat :)

  4. makasiih.. sangat membantu :)

  5. panjang juga ya buat label di word
    thanks info…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: